ERNA WULANDARI, 17204163116 (2020) KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN ENDED DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII-F di MTS SUNAN KALIJOGO KRANDING MOJO KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (828kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open Ended Ditinjau dari Motivasi Belajar Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII-F di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Erna Wulandari, NIM 17204163116, Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Penyelesaian Masalah, Open Ended, Motivasi Belajar, SPLDV Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika secara umum masih tergolong rendah. Seringkali siswa masih terfokus kepada metode yang diberikan guru sehingga hanya mampu menyelesaikan masalah dengan satu penyelesaian. Masalah open ended digunakan untuk mengembangkan kemampuan penyelesaian masalah dengan berbagai metode. Motivasi belajar juga berperan penting sebagai salah satu penentu keberhasilan belajar. Oleh karena itu semakin tinggi motivasi belajar semakin tinggi pula kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Tujuan pada penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII-F dalam menyelesaikan masalah matematika open ended dengan motivasi belajar tinggi pada materi sistem persamaaan linier dua variabel (2) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII-F dalam menyelesaikan masalah matematika open ended dengan motivasi belajar sedang pada materi sistem persamaaan linier dua variabel (3) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII-F dalam menyelesaikan masalah matematika open ended dengan motivasi belajar rendah pada materi sistem persamaaan linier dua variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan wawancara. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa, kemudian diambil 6 subjek dengan rincian masing-masing 2 subjek dengan motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. Kemudian dilakukan tes dan wawancara untuk memperoleh data mengenai kemampuan menyelesaikan masalah matematika open ended siswa. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan tahap kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan motivasi belajar tinggi:mampu memahami masalah open ended, mampu merencanakan penyelesaian masalah, mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan mampu memeriksa kembali. Siswa dengan motivasi belajar sedang: mampu memahami masalah open ended, mampu merencanakan penyelesaian tetapi belum mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Siswa dengan motivasi belajar rendah: belum mampu memahami masalah open ended, belum mampu merencanakan penyelesaian, belum mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan belum mampu memeriksa kembali.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | erna wulandari |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 02:30 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 03:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18953 |
Actions (login required)
View Item |