ALFY NURUL HIDAYAH, 1720153017 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (297kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (336kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Model Pembelajaran guided note taking, motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) yang disebabkan oleh rendahnya motivasi yang dimiliki siswa sehingga berakibat pada hasil belajar yang rendah. Hal tersebut disebabkan model pembelajaran yang digunakan oleh guru merupakan model pembelajaran konvensional sehingga membuat siswa bosan. oleh sebab itu, peneliti beranggapan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran yang menarik diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1) apakah ada pengaruh model pembelajaran Guided Note Taking terhadap motivasi belajarIPS siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung?, 2) apakah ada pengaruh model pembelajaran Guided Note Taking terhadap hasil belajarIPS siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung?, 3) apakah ada pengaruh model pembelajaran Guided Note Taking terhadap motivasi dan hasil belajarIPS siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung?. Dengan tujuan sebagai berikut: 1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Note Taking terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VII di MtsN 2 Tulungagung, 2) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Note Taking terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di MtsN 2 Tulungagung, 3) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Note Taking terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII di MtsN 2 Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan pendekatan psikologi yang bertujuan untuk melihat keadaan jiwa manusia yang berkaitan dengan motivasi dan hasil belajar siswa dan penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung, dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji manova yang sebelumnya diuji homogenitas dan normalitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran guided note taking terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung = 5,228 dan ttabel 1,992 sehingga thitung > ttabel dengan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, 2) ada pengaruh model pembelajaran guided note taking terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung ditunjukkan dari thitung = 8,544 dan ttabel 1,992 sehingga thitung > ttabel dengan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, 3) ada pengaruh model pembelajaran guided note taking terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung ditunjukkan dari Fhitung = 49393 dan Ftabel 3,12 sehingga Fhitung > Ftabel dengan signifikansi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kesejahteraan Sosial Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | mahasiswa 17209153017 ALFY NURUL HIDAYAH |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 02:27 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 03:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18997 |
Actions (login required)
View Item |