KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NURUL HUDA TRENGGALEK

I'ZAUL FU'ADAH, 17204163264 (2020) KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NURUL HUDA TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Visual Spasial dalam Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII MTs Nurul Huda Trenggalek” ini ditulis oleh I’zaul Fu’adah, NIM. 17204163264, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Bapak Beni Asyhar. S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Visual Spasial, Geometri, Pemecahan Masalah, Gaya Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya hasil belajar geometri, tepatnya pada materi bangun ruang. Siswa belum mampu mengimajinasikan gambar dengan tepat dan belum memahami pola-pola bangun ruang serta ditemui minat belajar siswa yang cenderung rendah pula. Kemampuan visual spasial adalah salah satu aspek penting yang harus dimiliki siswa untuk menyelesaikan soal-soal geometri. Melalui kemampuan visual spasial siswa akan lebih mudah menyelesaikan soal geometri khususnya pada soal yang memerlukan tingkat visualisasi yang tinggi. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan visual spasial siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Trenggalek dengan gaya belajar visual dalam memecahkan masalah geometri pada materi bangun ruang kubus; (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan visual spasial siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Trenggalek dengan gaya belajar auditori dalam memecahkan masalah geometri pada materi bangun ruang kubus; (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan visual spasial siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Trenggalek dengan gaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah geometri pada materi bangun ruang kubus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, angket, tes tulis dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Huda Trenggalek dan memilih 6 subjek dengan rincian 2 subjek memiliki gaya belajar visual, 2 subjek memiliki gaya belajar auditori, dan 2 subjek memiliki gaya belajar kinestetik. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan visual spasial dimana siswa mampu menjawab dengan benar seluruh soal instrumen; 2) Siswa dengan gaya belajar auditori cukup mampu memenuhi indikator kemampuan visual spasial, setidaknya ada 2 indikator yang terpenuhi; 3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik belum mampu memenuhi indikator kemampuan visual spasial karena siswa belum mampu menjawab dengan benar seluruh soal instrumen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163264 I'zaul Fu'adah
Date Deposited: 01 Mar 2021 05:06
Last Modified: 27 Apr 2021 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19040

Actions (login required)

View Item View Item