IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG

ERMA SEPTI LIA, 17201163220 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (526kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengoptimalan pendidikan karakter di sekolah dan realita yang ada banyak peserta didik yang hanya pintar di kognitif tetapi karakternya rendah, kurang disiplin dan lain sebagainya. Kebanyakan praktisi pendidikan lebih mengutamakan kepada pengetahuan yang beranggapan jika aspek kognitif sudah berkembang dengan baik, maka aspek afektif akan ikut berkembang secara positif, padahal kenyataannya aspek afektif dan psikomotorik juga sangat berperan. Karakter disiplin biasanya diikuti dengan tanggung jawab, ketika seseorang memiliki karakter disiplin maka tanggung jawab akan mengikuti. Maka, tahfidz Al-Qur’an sangat erat kaitannya dengan disiplin dan tanggung jawab karena orang yang menghafal Al-Qur’an berarti mempunyai kewajiban untuk menghafalkannya sehingga harus tanggung jawab supaya hafalannya tidak hilang. Sebagai bentuk tanggung jawab penghafal Al-Qur’an harus disiplin muraja’ah (mengulang hafalan). Melalui program tahfidz Al-Qur’an dapat membekali peserta didik agar bisa membaca dan menghafal Al-Qur’an sekaligus dalam membentuk akhlak mulia pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. 2) Mendiskripsikan pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk karakter kedisiplinan peserta didik di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. 3) Mendiskripsikan pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi, penyajian/pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Program tahfidz Al-Qur’an di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung terdiri dari tiga tahapan, tahapan pertama perencanaan disusun melalui : Menetapkan program, menentukan indikator keberhasilan program, penanggung jawab program, dan adanya kegiatan. Tahapan kedua yaitu, kegiatan inti program tahfidz Al-Qur’an sudah berjalan dengan baik, dari proses hafalan, metode yang digunakan, dan sarana dan prasarana yang ada. Tahapan terakhir yaitu evaluasi yang dilakukan dengan menyetorkan hafalan dan kontrol dari guru dan orangtua. 2) Program tahfidz Al-Qur’an memberikan kontribusi dalam viii membentuk karakter kedisiplinan peserta didik menjadi disiplin berangkat lebih awal setelah mengikuti program tahfidz Al-Qur’an, selain itu dalam melaksanakan pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an peserta didik menerapkan adab-adab tahfidz pembelajaran Al-Qur’an dengan baik, disiplin waktu dan disiplin setoran hafalan terkait target pencapaian hafalan yang telah ditentukan. 3) Program tahfidz Al-Qur’an memberikan kontribusi dalam membentuk karakter tanggung jawab yaitu peserta didik selalu melakukan muraja’ah setiap hari untuk menjaga hafalan yang telah dihafalkan sebagai bentuk tanggung jawab peserta didik mengikuti program tahfidz Al-Qur’an, dan peserta didik dapat melaksanakan tugas yang diberikan guru dengan baik serta berusaha memperbaiki diri ketika belum mampu mencapai target hafalan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163220 Erma Septi Lia
Date Deposited: 26 Mar 2021 08:09
Last Modified: 02 Nov 2021 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19266

Actions (login required)

View Item View Item