PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NUR KHOLISOH, 17201163165 (2021) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Kholisoh, NIM. 17201163165, pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M. Fil.I. Kata Kunci : Peran Guru Akidah Akhlak, Kenakalan Peserta Didik, MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena terkait dengan perilaku generasi muda yang memprihatinkan karena terjadi berbagai krisis dan kemerosotan perilaku serta kemunduran akhlak atau kemerosotan moral yang bertolak belakang dengan tujuan sistem pendidikan nasional. Sebagai madrasah yang berada dalam naungan pondok Pesantren Yayasan Darul Falah, MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan yang nantinya mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan penguasaan pengetahuan khusus tentang agama, masih dijumpai kenakalan yang dilakukan oleh peserta didik. Sehingga dibutuhkan adanya upaya guna mengatasi kenakalan peserta didik, salah satunya penanggulangan yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlak. Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana bentuk-bentuk kenakalan peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?, 2) Bagaimana peran guru Aqidah Akhlak sebagai Fasilitator dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?, 3) Bagaimana peran guru Aqidah Akhlak sebagai Motivator dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?, dan 4) Bagaimana peran guru Aqidah Akhlak sebagai Model dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kenakalan peserta didik dan mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak sebagai fasilitatpr, motivator, dan model dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisa data yaitu reduksi data, paparan data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan Perpanjangan kehadiran dan triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Bentuk kenakalan peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung diantaranya adalah membolos, datang terlambat, tidak hadir kesekolah tanpa keterangan, berbohong, menganggu temannya, kurang menghormati guru dan temannya, penggunaan atribut yang kurang sesuai dan kurang menjaga kerapian seragam,tidak mengerjakan PR, gaduh didalam kelas, pergi kekantin saat pembelajaran berlangsung bahkan pacaran serta tindakan bullying, 2) Peran guru Aqidah Akhlak sebagai fasilitator dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung diantaranya meliputi dua bentuk yaitu pemberian metode pengajaran yang baik dan sesuai serta sebagai pembimbing siswa melalui program-program pembiasaan yang sudah ditentukan di Mts Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, 3) Peran guru Aqidah Akhlak sebagai motivator dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung diantaranya meliputi empat bentuk yaitu penerapan program pembiasaan, pemberian nasehat, kegiatan latihan dan tindakan hukuman, dan 4) Peran guru Aqidah Akhlak sebagai model dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung diantaranya dengan memberikan contoh serta keteladanan kepada peserta didik. Seorang guru dituntut untuk menjadi suri tauladan yang baik, mampu merangkul siswanya serta mengayomi siswanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163165 Nur Kholisoh
Date Deposited: 07 Apr 2021 02:42
Last Modified: 07 Apr 2021 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19297

Actions (login required)

View Item View Item