PENERAPAN ANALISIS SWOT SEBAGAI RUMUS PENENTU STRATEGI PEMASARAN PADA CV BIMANTARA JAYA KEC. NGADILUWIH KAB. KEDIRI

DEVI RIANI, 17402163668 (2021) PENERAPAN ANALISIS SWOT SEBAGAI RUMUS PENENTU STRATEGI PEMASARAN PADA CV BIMANTARA JAYA KEC. NGADILUWIH KAB. KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Analisis SWOT Sebagai Rumus Penentu Strategi Pemasaran Pada CV Bimantara Jaya Kec. Ngadiluwih Kab. Kediri” ini ditulis oleh Devi Riani, NIM. 17402163668, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Analisis SWOT adalah suatu alat analisis yang digunakan perusahaan untuk menyusun strategi pemasaran yang baik. CV Bimantara Jaya adalah sebuah perusahaan suppllier di Kediri yang menyuplai kebutuhan pokok bahan pabrik plywood dan industri pakan ternak dengan potensinya yang unik sehingga dapat dijadikan bahan penelitian. Karena itu, peneliti ingin mengkaji penelitian yang berfokus pada penerapan analisis SWOT untuk menentukan strategi pemasaran pada perusahaan yang terarah dan terstruktur. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana CV Bimantara Jaya dilihat dari komponen analisis SWOT? 2) Strategi pemasaran bagaimana yang dapat diterapkan pada CV Bimantara Jaya? Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang di peroleh sehingga dapat diketahui perusahaan berada pada posisi bagaimana dengan itu dapat dirumuskan strategi pemasaran yang sesuai yang dapat diterapkan pada CV Bimantara Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi (Pengamatan), Wawancara, dan Dokumentasi. Tehnik Analisis Data menggunakan Reduksi Data, Peyajian Data, dan Menarik Simpulan/Verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keabsahan temuan, triangulasi, melibatkan teman sejawat, ketekunan, menggunakan bahan referensi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 1) Dilihat dari komponen analisis SWOT menunjukkan CV Bimantara Jaya berada pada kuadran I yang berarti perusahaan berada pada kondisi agresif akan tepat apabila melakukan Growth Strategy (Strategi Pertumbuhan) dengan pendekatan strategi SO (strength opportunity strategy). 2) Strategi Pemasaran yang dapat diterapkan pada CV Bimantara Jaya berdasarkan nilai matriks SWOT yaitu dengan cara perusahaan memaksimalkan kekuatan yang ada dengan memanfaatkan peluang untuk memperoleh keuntungan, promosi, pangsa pasar, penjualan dan sebagainya guna mencapai pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan. strategi SO yang dapat dilakukan oleh CV Bimantara Jaya antara lain : menjalin kerjasama secara baik dengan para supplier bahan baku dan konsumen, melakukan inovasi baru terhadap produk-produknya, dan meningkatkan segmentasi pasar. Strategi yang dapat digunakan perusahaan ialah pengembangan produk dan pasar. Kata Kunci : Penerapan, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163668 DEVI RIANI
Date Deposited: 26 Apr 2021 06:57
Last Modified: 26 Apr 2021 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19343

Actions (login required)

View Item View Item