PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG

DIANA SETIANINGSIH, 17209163042 (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (929kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (492kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung” yang ditulis oleh Diana Setianingsih, NIM. 17209163042. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung yang dibimbing oleh Hendra Pratama, M.Pd. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan belajar aktif yang dibangun dengan bekal pengetahuan atau kompetensi yang dimiliki siswa, baik dalam menetapkan waktu belajar, tempat belajar, cara belajar, maupun evaluasi belajar yang dilakukan oleh siswa sendiri. Kemandirian muncul ketika siswa menemukan diri pada posisi yang menuntut siswa untuk belajar tidak bergantung terhadap orang lain serta mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan siswa dalam belajar, sehingga sikap mandiri ini penting dimiliki oleh siapa saja yang ingin mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung tahun ajaran 2019/2020? 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung tahun ajaran 2019/2020? 3) Bagaimana pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung tahun ajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung tahun ajaran 2019/2020. 2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung tahun ajaran 2019/2020. 3) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian korelasional (hubungan). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa dengan menggunakan rata-rata nilai semester siswa. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi sederhana dan uji ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian 1) kemandirian belajar siswa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung kategori tinggi sebesar 15,6%, sedangkan kemandirian siswa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung kategori sedang sebesar 62,5%, dan prosentase kemandirian siswa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung dalam kategori rendah sebesar 21,9%. 2) Hasil belajar siswa hasil mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung dalam kategori tinggi sebesar 18,8%, sedangkan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung kategori sedang sebesar 57,8%, dan prosentase hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung kategori rendah sebesar 23,4%. 3) Kemandirian siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS KelasVIII di MTsN 4 Tulungagung, berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,431>1,669) dan nilai sig. 0,018<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163042 DIANA SETIANINGSIH
Date Deposited: 09 Jun 2021 04:04
Last Modified: 09 Jun 2021 04:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19627

Actions (login required)

View Item View Item