ANALISIS PENERAPAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X MIA DI MAN 1 BLITAR

SITI KHUZAIMAH, 17208163047 (2020) ANALISIS PENERAPAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X MIA DI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X MIA di MAN 1 Blitar” ini ditulis oleh Siti Khuzaimah, NIM. 17208163047, dengan dosen pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci : Analisis, UKBM, Biologi. Implementasi kurikulum 2013 yang disempurnakan kini mulai menerapkan sistem satuan kredit semester (SKS) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan siswa agar dapat menyelesaikan masa studinya sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan kecepatan belajarnya masing-masing. Satuan pendidikan penyelenggara program SKS harus menjadikan UKBM sebagai bahan ajar untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan. Penerapan UKBM yang masih tergolong baru ini acap kali mendapat respon yang berbeda-beda dari siswa. Terdapat beberapa siswa yang mengeluhkan sistem pembelajaran UKBM yang menurut mereka hanya berfokus pada mengerjakan dan mengerjakan tugas saja. Namun terdapat pula beberapa siswa yang senang dan justru menikmati pembelajaran dengan UKBM. Perbedaan respon antar siswa tersebut berakibat pada pencapaian hasil belajar siswa yang berbeda pula. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk menganalisis penerapan UKBM di MAN 1 Blitar pada mata pelajaran biologi. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktivitas kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan UKBM, (2) aktivitas siswa, (3) kemandirian siswa, (4) respon siswa, (5) ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran UKBM pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Lokasi penelitiannya di MAN 1 Blitar, metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes tulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala likert, dan pengujian keabsahan datanya dengan melakukan validasi instrumen kepada validator. Hasil penelitian menyatakan bahwa : (1) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran mendapatkan nilai 2,93 dengan kategori baik, (2) aktivitas siswa selama pembelajaran UKBM mendapatkan nilai 2,75 dengan kategori baik, (3) kemandirian siswa memperoleh hasil sebesar 67,86% dan termasuk kemandirian yang positif, (4) respon siswa terhadap pembelajaran UKBM memperoleh skor sebanyak 74,64% dan merupakan respon yang positif, (5) hasil belajar siswa secara klasikal dinyatakan tuntas pada keseluruhan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: siti khuzaimah
Date Deposited: 19 Jul 2021 03:48
Last Modified: 19 Jul 2021 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20039

Actions (login required)

View Item View Item