FUAT WULANDARI, 12208173122 (2021) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TIPE NOVICK DAN TIPE KOLABORATIF KELAS VIII MTs DARUL HUDA WLINGI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (459kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (779kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) | Preview |
Abstract
Skripsi berjudul “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick Dan Tipe Kolaboratif Kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi” ini ditulis oleh Fuat Wulandari dari Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung dengan NIM 12208173122 dan dosen pembimbing Dr.Eni Setyowati, S.Pd., MM. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Konstruktivisme, novick, kolaboratif Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penerapan model pembelajaran yang sesuai dalam menarik minat siswa belajar IPA khusunya materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII. Hal ini karena siswa cenderung sulit belajar karena ketertarikannya menurun akibat model pembelajaran yang diterapkan terlalu monoton sehingga hasil belajarnya semakin menurun terlebih IPA membutuhkan konsentrasi dan hafalan yang cukup. Nah, guru bisa mencoba menerapkan model konstruktivisme untuk menarik minat siswa dengan tipe novick dan kolaboratif sebagai variasinya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran konstruktivisme tipe novick, tipe kolaboratif dan konvensional kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi, 2) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran konstruktivisme tipe novick dan konvensional kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi, 3). Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran konstruktivisme tipe kolaboratif dan konvensional kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi, 4). Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran konstruktivisme tipe novick dan tipe kolaboratif kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasi Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi Blitar dengan sampel yang diperoleh kelas VIII A dan VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah soal tes hasil belajar untuk melihat perbedaan kedua model pembelajaran sebelum dan sesudah perlakuan. Kemudian dilakukan analisis data dengan tahap uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan one way anova dengan SPSS 16 for windows. Setelah dilakukan tahap pengujian dan ditemukan hasil uji one way anova dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 yang berarti ada perbedaan signifikan dalam ketiga kelas sampel dan diperkuat dengan hasil uji BNt nilai kelas sampel beda nyata dengan kelas eksperimen namun kedua kelas eksperimen sama. Menurut hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan: 1). Ada perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran konstruktivisme tipe novick, tipe kolaboratif dan konvensional kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi, 2). Ada perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran konstruktivisme tipe novick dengan konvensional kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi, 3). Ada perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran konstruktivisme tipe kolaboratif dan konvensional kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi, 4) Tidak ada perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran konstruktivisme tipe novick, dan tipe kolaboratif kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208173122 Fuat Wulandari |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 02:34 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 02:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20138 |
Actions (login required)
View Item |