HALIMATUS SA’DIAH, 12205173165 (2021) PENGAMALAN KODE KEHORMATAN PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SDIT AL-ASROR TULUNGAGUNG PENGAMALAN KODE KEHORMATAN PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SDIT AL-ASROR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (762kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (349kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (145kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (501kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (254kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Halimatus Sa’diah, 12205173165, Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka dalam Membentuk Karakter Siswa di SDIT AL-asror Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri IAIN Tulungagung, Pembimbing : Dr.Khoirul Anam M.Pd.I., Kata Kunci : Kode Kehormatan Pramuka, Karakter Disiplin dan Tanggungjawab Siswa. Konteks penelitian didasari Fenomena yang marak terjadi pada saat ini adalah masalah prilaku sosial pada diri anak. Seperti prilaku bullying, anarkis, tawuran dan kerusakan lingkungan. Masalah tersebut merupakan contoh karakter anak bangsa yang masih sangat bertentangan dengan visi dan misi pendidikan. Untuk mengurangi fenomena tersebut perlu pembinaan karakter yang dilakukan di luar sekolah seperti Gerakan pramuka yang memiliki tujuan untuk menanamkan karakter dan membentuk kepribadian yang baik dalam diri anak. Budaya yang ada di SDIT Al-Asror Tulungagung ini sangat berbeda dengan Sekolah Dasar (SD) pada umumnya, disekolah ini lebih unik, menarik dan lebih diunggulkan dalam segi Religiusnya. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan sudah cukup baik dan menarik. Budaya-budaya yang ditanamkan dalam sekolah ini mempunyai pengaruh yang besar dalam pembentukan karakter siswanya sehingga siswa memiliki jiwa sosial yang baik. dalam membentuk karakter Sangat didukung oleh kegiatan ekstrakulikuler Pramuka di SDIT Al-asror Tulungagung yang sangat baik dan unggul, sehingga dalam pengamalan kode kehormatan sangat baik digunakan dalam membentuk karakter siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana proses membentuk karakter disiplin dan tanggungjawab siswa melalui Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka di SDIT Al-asror Tulungagung? 2. Bagaimana respon siswa dalam proses membentuk karakter disiplin dan tanggungjawab siswa di SDIT Al-asror Tulungagung? 3. Faktor-faktor apa yang menunjang dan menghambat dalam Membentuk Karakter disiplin dan tanggungjawab Siswa melalui Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka di SDIT Al-asror Tulungagung?. Tujuan dari penelititian ini adalah: (1) Untuk mengetahui secara mendalam proses membentuk karakter disiplin dan tanggungjawab siswa melalui Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka di SDIT Al-asror Tulungagung. (2) Untuk Mengetahui lebih dalam respon siswa dalam proses membentuk karakter disiplin dan tanggungjawab siswa di SDIT Al-asror Tulungagung. (3) Untuk mengetahui secara mendalam Faktor-faktor apa yang menunjang dan menghambat dalam Membentuk Karakter disiplin dan tanggungjawab Siswa melalui Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka di SDIT Al-asror Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti dari tanggal 05 februari sampai 20 februari 2021. Lokasi Penelitian SDIT AL-asror Tulungagung. Sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data tringulasi sumber.Hasil penelitian ini adalah (1) Proses membentuk karakter disiplin dan tanggungjawab siswa melalui pengamalan Kode Kehormatan Pramuka di SDIT Al-asror Tulungagung. Dalam proses membentuk karakter siswa harus menggunakan seragam serta atribut lengkap dan siswa harus datang tepat waktu pada saat kegiatan pramuka, jika ada siswa yang tidak mengenakan seragam dan atribut lengkap serta datang terlambang, maka siswa akan mendapat hukuman. Siswa harus menyelesaikan pengisian SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan dalam program ekstrakulikuler Pramuka siswa harus mengikuti kegaitan rutin. (2) Respon siswa dalam proses membentuk karakter disiplin dan tanggungjawab siswa di SDIT Al-asror Tulungagung. Sebagian siswa ada yang terpaksa untuk mengikuti ekstrakulikuler Pramuka dan sebagian siswa berantusias untuk mengikuti ekstrakulikuler Pramuka karena siswa merasa senang dengan mengikuti kegiatan Pramuka. (3) Faktor-faktor yang menunjang dan menghambat dalam membentuk karakter disiplin dan tanggungjawab siswa di SDIT Al-asror Tulungagung. Faktor yang menunjang antaranya dari sekolah, diri siswa, orangtua dan teman. faktor penghambat dalam membentuk karakter yaitu dalam membentuk karakter antaranya orangtua menjadi faktor utama, diri siswa dan lingkungan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173165 HALIMATUS SA’DIAH |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 02:56 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 02:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20225 |
Actions (login required)
View Item |