PENGARUH FREKUENSI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 SRENGAT PADA MATERI BARISAN DAN DERET

ARINA HIDAYATUL MUNIROH, 12204173234 (2021) PENGARUH FREKUENSI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 SRENGAT PADA MATERI BARISAN DAN DERET. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Frekuensi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Srengat pada Materi Barisan dan Deret” ini ditulis oleh Arina Hidayatul Muniroh, NIM. 12204173234, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata kunci : Frekuensi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Siswa Frekuensi belajar merupakan hal yang penting dalam suatu pembelajaran, terutama pembelajaran matematika. Frekuensi belajar dalam pembelajaran matematika diperlukan supaya terbiasa dengan permasalahan berkaitan dengan matematika. Namun kenyataannya banyak siswa yang tidak memperhatikan frekuensi belajarnya. Siswa cenderung belajar ketika akan menghadapi ujian. Hal ini mengakibatkan siswa tidak menemukan berbagai bentuk permasalahan, namun hanya sedikit permasalahan dikarenakan waktu yang mendekati ujian. Sehingga mengakibatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajarnya cenderung rendah. Untuk itu, perlu diperhatikan frekuensi belajarnya agar kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh frekuensi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah, (2) untuk mengetahui pengaruh frekuensi belajar terhadap hasil belajar siswa, dan (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh frekuensi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Srengat. Sampel penelitian ini adalah XI IPA 4 yang diambil dengan cara simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah: (1) tes, (2) angket, dan (3) dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh frekuensi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, (2) terdapat pengaruh frekuensi belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) pengaruh frekuensi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah sebesar 8,6%, dan pengaruh frekuensi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 11%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Arina 12204173234 Arina Hidayatul Muniroh
Date Deposited: 09 Aug 2021 03:43
Last Modified: 03 Nov 2021 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20276

Actions (login required)

View Item View Item