STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER MANDIRI PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA PARELOR KUNJANG KEDIRI

VINA DWI HARDIANTI, 12206173048 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER MANDIRI PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA PARELOR KUNJANG KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Vina Dwi Hardianti, NIM 12206173048, 2021: Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Menanamkan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini Kelompok A di TK Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri”, dibimbing oleh Dr. Hj. Luluk ‘Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Mandiri, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap atau perilaku anak didik yang menunjukkan kurangnya tanggung jawab, susah diatur, takut dalam melakukan sesuatu, tidak sabar, tidak bisa memecahkan permasalahan sendiri, serta kurangnya kemandirian pada setiap anak didik dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Dengan demikian karakter mandiri sangat penting ditanamkan pada anak usia dini kelompok A TK Dharma Wanita Parelor kunjang kediri Fokus yang ditelaah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam menanamkan karakter mandiri pada anak usia dini kelompok A di TK Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri ? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan karakter mandiri pada anak usia dini kelompok A di TK Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri ? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam menanamkan karakter mandiri pada anak usia dini kelompok A di TK Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas kelompok A, kepala sekolah, dan wali murid anak didik usia dini kelompok A. teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dengan pengummpulan data, penyajian data mentah, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan perpanjang pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan strategi guru dalam menanamkan karakter mandiri pada anak usia dini kelompok A di TK Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri yaitu dengan membuat RPP sesuai dengan standart tingkat pencapaian perkembangan anak. Pemberian fasilitas yang dapat mendukung kemandirian anak. Membuat jadwal pembelajaran yang efektiv. (2) pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan karakter mandiri pada anak usia dini kelompok A yaitu menggunakan strategi melalui pemahaman tentang kemandirian, mengggunakan strategi melalui pendekatan untuk menanamkan karakter mandiri, menggunakan metode pembiasaan untuk mengimplementasikan strategi. Menggunakan berbagai media pembelajaran dan kerjasama dengan orang tua guna menanamkan karakter mandiri pada anak. (3) evaluasi strategi guru dalam menanamkan karakter mandiri pada anak usia dini kelompok A di TK Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri sudah menunjukkan hasil yang sangat baik. Diantaranya adalah senantiasa menerapkan nilai-nilai kemandirian di sekolah ataupun luar sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173048 Vina Dwi Hardianti
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:59
Last Modified: 12 Aug 2021 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20351

Actions (login required)

View Item View Item