STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI WAHID HASYIM KECAMATAN UDANAWU

RAHMATUL HUSNI, 12205173253 (2021) STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI WAHID HASYIM KECAMATAN UDANAWU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Menggunakan Media Audio Visual pada Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di MI Wahid Hasyim Kecamatan Udanawu” ini ditulis oleh Rahmatul Husni NIM 12205173253 dibimbing oleh Dr. Moh. Arif, M.Pd NIP 198104212009121003 Kata Kunci : Penggunaan Media Audio Visual, Hasil Belajar Tematik. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya hasil belajar terutama pada pembelajaran tematik. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba dengan menggunakan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Ini sesuai dengan pendapat Hamalik bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan keinginan dan minat baru dan motivasi belajar. Hal ini terbukti dari penelitian yang telah dilakukan bahwa media audio visual mampu memberikan perubahan pada hasil belajar peserta didik. Dengan menggunakan media audio visual di dalam pembelajaran tematik siswa lebih mudah memahami pembelajaran serta mengalami perkembangan yang progresif. Petanyaan dalam skripsi ini (1) Bagaimana perencanaan strategi penggunaan media audio visual yang dilakukan oleh guru mata pelajaran tematik dalam meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran daring? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi penggunaan media audio visual yang dilakukan oleh guru mata pelajaran tematik dalam meninngkatkan hasil belajar melalui pembelajaran daring? (3) Bagaimana evaluasi strategi penggunaan media audio visual yang dilakukan oleh guru mata pelajaran tematik dalam meniinngkatkan hasil belajar melalui pembelajaran daring?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian yaitu: (1) Untuk mengetahui perencanaan strategi penggunaan media audio visual yang dilakukan oleh guru mata pelajaran tematik dalam meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran daring. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi penggunaan media audio visual yang dilakukan oleh guru mata pelajaran tematik dalam meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran daring. (3) Untuk mengetahui evaluasi strategi penggunaan media audio visual yang dilakukan oleh guru mata pelajaran tematik dalam meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran daring. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek yang diteliti adalah siswa kelas 3 dengan jumlah siswa 31 siswa. Metode yang dilakukan dalam pengambilan data dilapangan yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles, Huberman dan Saldana, dimana pengambilan data dilakukan secara terus menerus dan secara interaktif sampai tuntas dan sampai menemukan titik jenuh baru berhenti dalampengambilan data. Kemudian data-data yang diperoleh disusun secara sistematik sesuai dengan hasil yang diperoleh dari lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan pengggunaan menggunakan media melihat materi yang akan diajarkan, memilih media setelah itu dijabarkan dalam bentuk RPP yang di dalamnya terdapat langkah-langkah atau strategi. 2) Dalam pelaksanaan/penerapan kegiatan belajar guru tetap menggunakan media audio visual. Untuk pembelajaran daring Guru menggunakan Google From, WhatsApp dan Youtube untuk memaksimalkan hasil belajar yang di inginkan guru mengadakan pembelajaran luring atau tatap muka. 3) Evaluasi dilakukan setiap minggu sekali untuk mengetahui sejauh mana media sampai ke peserta didik. Dalam hal ini telah terbukti bahwa dengan penggunaan media tersebut mampu merubah hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: s1 12205173253 RAHMATUL HUSNI
Date Deposited: 10 Aug 2021 01:41
Last Modified: 10 Aug 2021 01:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20359

Actions (login required)

View Item View Item