PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIQH PESERTA DIDIK DI MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

ANI NI’MATUS SURUR, 12201173115 (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIQH PESERTA DIDIK DI MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Minat Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Fiqh Peserta Didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Ani Ni’matus Surur, NIM. 12201173115. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing Dr. H. Masduki, M. Ag. Kata Kunci : Minat Belajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Seiring dengan perkembangan zaman, pentingnya pendidikan bukanlah hal yang tidak lazim lagi untuk didengar. Namun pada kenyataannya kualitas pendidikan pada saat ini masih diragukan. Hal ini dikarenakan minat belajar siswa kurang begitu maksimal. Sejumlah guru sudah mampu memilih metode atau strategi untuk mengembangkan minat peserta didik, namun tidak semua pendidik mampu menarik perhatian peserta didik. Selain itu, kurangnya pemanfaatan fasilitas dalam belajar juga dapat mempengaruhi pengetahuan dan pemahamam peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar fiqh peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar fiqh peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar ? (2) Bagaimana pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar fiqh peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar ? (3) Bagaimana pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar fiqh peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar ? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar fiqh peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar fiqh peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar fiqh peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar dengan jumlah 357 siswa, sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas VII-F dan VII-H dengan jumlah 71 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berupa probability sampling dengan simple random sampling. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS for windows 16.0. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar fiqh peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-t analisis regresi linear berganda, untuk variabel minat belajar (X1) diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,000 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar fiqh peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar fiqh peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-t analisis regresi linear berganda, untuk variabel fasilitas belajar (X2) diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,000 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar fiqh peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar fiqh peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-f analisis regresi linear berganda, untuk variabel minat belajar (X1) dan variabel fasilitas belajar (X2) diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,000 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar fiqh peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PAI 12201173115 ANI NI’MATUS SURUR
Date Deposited: 10 Aug 2021 03:32
Last Modified: 04 Nov 2021 04:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20405

Actions (login required)

View Item View Item