ANISATU ROHMAH, 12201173195 (2021) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (616kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi penelitian kuantitatif dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 5 Tulungagung”, ditulis oleh Anisatu Rohmah, NIM. 11201173195, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen Pembimbing oleh Drs. Timbul, M.Pd.I. NIP. 19611010 199203 1 002. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang menunjukkan kemampuan guru dalam menguasai pembelajaran yang masih dikategorikan rendah dan merosotnya mutu pendidikan nasional yang disebabkan kurangnya profesional dari seorang guru. Mutu pendidikan nasional dan prestasi belajar siswa baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dapat meningkat dengan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Faktor utama yang paling menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar di kelas adalah guru. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah: (1) adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa dalam aspek kognitif pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 5 Tulungagung? (2) adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa dalam aspek afektif pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 5 Tulungagung? (3) adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa dalam aspek psikomotorik pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 5 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa kelas VII MTsN 5 Tulungagung yang terdiri dari 226 siswa. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dan memperoleh sampel 57 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada 57 siswa kelas VII. Semua data dianalisis dengan menggunakan dua uji yaitu: a) uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. b) uji hipotesis yaitu dengan uji regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa aspek kognitif pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 5 Tulungagung, sehingga menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima. (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa aspek afektif pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 5 Tulungagung, sehingga menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima. (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa aspek psikomotorik pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 5 Tulungagung, sehingga dalam pengujian ini menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173195 ANISATU ROHMAH |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 03:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 03:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21525 |
Actions (login required)
View Item |