PENGARUH TADARUS AL-QUR’AN SEBELUM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MEGA SAPUTRI, 12201173141 (2021) PENGARUH TADARUS AL-QUR’AN SEBELUM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Tadarus Al-Qur’an Sebelum Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Mega Saputri, NIM 12201173141, pembimbing Dr. H. Nursamsu, M.Pd. Kata kunci : Tadarus Al-Qur’an, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya ketertarikan peserta didik untuk tadarus al-Qur’an. Sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik.Tadarus al-Qur’an dapat meningkatkan sistem konsentrasi dan kecerdasan pada otak, serta dapat meningkatkan daya ingat. Semakin kuat daya ingat, semakin mudah menghafal materi-materi yang telah dipelajari, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Rumusan dalam skripsi ini adalah : 1) Adakan pengaruh tadarus Al-Qur’an sebelum pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? 2) Seberapa besar pengaruh tadarus Al-Qur’an sebelum pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri Sumbergempol Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kelas VII E sebagai kelas kontrol dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Uji prasyarat yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas, homogenitas, linearitas. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji T dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Adakan pengaruh tadarus AlQur’an sebelum pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dilihat pada nilai sig maka dikatakan bahwa ditolak dan diterima. 2) Seberapa besar pengaruh tadarus Al-Qur’an sebelum pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dilihat pada R square atau yaitu sebesar 0,327 atau 32,7%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173141 MEGA SAPUTRI
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:22
Last Modified: 06 Sep 2021 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21858

Actions (login required)

View Item View Item