MIFTAHURROHMAH, 17201163007 (2020) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTs PSM JELI KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (771kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (210kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (386kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (226kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (174kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perkembangan Emosional Peserta Didik Di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Miftahurrohmah, NIM. 17201163007, Pembimbing Saiful Bahri, S.Ag.,M.Pd.I. Kata kunci: Peran Guru PAI, Perkembangan emosioanal Hari ini dunia pendidikan mengalami masalah krisis Emosional. Sekolah saat ini dianggap hanya mempelajari pelajaran umum dan kurang efektif dalam menentukan masa depan output yang berkarakter religius. Peningkatan Kecerdasan Emosional dalam pendidikan formal tidak dapat terlepas dari keterlibatan kepala sekolah, guru, dan orangtua peserta didik yang memiliki andil sangat besar dalam menentukan keberhasilannya. Selain itu, peningkatan kecerdasan Emosional pada diri peserta didik sangat diperlukan agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik. Hadirnya peran pendidik di sekolah atau sering disebut dengan Guru merupakan salah satu bentuk upaya membantu meningkatkan perkembangan emosional peserta didik. Seperti, Guru mendidik siswa agar sabar dalam menjalankan perintah, guru memberikan suri tauladan yang baik bagi siswa, dan guru memposisikan dirinya sebagai teman bagi para sisiwanya, hal ini dapat meningkatkan mutu pendidikan sekaligus mampu menghasilkan output yang siap dengan tantangan dan kebutuhan zaman. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1)Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung? 2)Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pemimpin dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung? 3)Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teman sebaya dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1 ) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pemimpin dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teman sebaya dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah reduksi data, pemaparan atau penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan data yang terkumpul, selanjutnya ditempuh beberapa teknik keabsahan data, meliputi: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.Hasil penelitian. Pertama, Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung mencakup guru mendidik siswa agar berlatih sabar, Tawakkal, dan Bersyukur.Kedua, Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pemimpin dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung mencakup pemberian contoh suri tauladan yang baik. Ketiga,Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teman sebaya dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung mencakup Guru memposisikan dirinya sebagai teman sebaya tidak ada jurang pemisah antara Guru dengan Murid namun masih mengutamakan sopan santun.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163007 MIFTAHURROHMAH |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 04:10 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 04:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21883 |
Actions (login required)
View Item |