JHORGI FEBRI ABDULLAH, 17205163161 (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MI TANWIRUL FUAD SUMBERJO KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (380kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (206kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (331kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (160kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi, “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MI Tanwirul Fuad Sumberjo Kediri” ini ditulis oleh Jhorgi Febri Abdullah NIM. 17205163161, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muhamad Zaini, M. A. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Spriritual, Hasil Belajar Matematika Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang dimiliki. Kebutuhan manusia akan pendidikan tersebut diharapkan mampu mencetak manusia yang dapat memahami orang lain, mengenal sejarah dan budaya disekitarnya, mampu bersosialisasi dengan baik serta dapat bertahan hidup dengan mandiri. Kecerdasan Emosional Dan Spiritual merupakan kecerdasan yang dimiliki oleh seorang anak untuk mampu mengembangkan dirinya sedangkan Prestasi Belajar Matematika merupakan pencapaian belajar dibangku sekolah seorang siswa. Keterikatan yang kuat antara kecerdasan emosional dan spiritual maka peneliti mencoba mengukur seberapa besar pengaruhnya kecerdasan emosional, moral serta kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1.) Bagaimana pengaruh tingkat kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Matematika MI Tanwirul Fuad Kediri ? , 2.) Bagaimana pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Matematika MI Tanwirul Fuad Kediri ?, 3.) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap terhadap prestasi belajar siswa mata Matematika MI Tanwirul Fuad Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya korelasional. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data kecerdasan terhadap prestasi belajar matematika peserta didik MI Tanwirul Fuad Sumberjo, dimana kecerdasan dalam penelitian ini yaitu kecerdasan emosional terhadap variabel terikat berupa hasil belajar. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji linieritas, uji homogenitas, uji normalitas, uji regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah 1.) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa MI Tanwirul Fuad Sumberejo Kediri. Hasil penelitian dari uji T yang diperoleh adalah sebesar 7,081 > Ttabel = 2,02 sehingga diputuskan hipotesis alternatif (Ha) 2.) Terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar matematika siswa MI Tanwirul Fuad Sumberejo Kediri. Hasil penelitian dari uji T yang diperoleh adalah sebesar 2,835> Ttabel = 2,02 diputuskan hipotesis alternatif (Ha) diterima 3.) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual terhadap prestasi belajar matematika siswa MI Tanwirul Fuad Sumberejo Kediri.Hasil penelitian dari uji F yang diperoleh adalah sebesar 26,158 > Fhitung = 3,24 diputuskan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163161 JHORGI FEBRI ABDULLAH |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 07:02 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 07:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21971 |
Actions (login required)
View Item |