FAZA NUR BARIROH, 12201173286 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MINAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK RIYADLUL QUR’AN MALANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (278kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (343kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (241kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Minat dan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas XI pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Riyadlul Qur’an Malang”. ini ditulis oleh Faza Nur Bariroh, NIM. 12201173286, Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhammad Muntahibun Nafis, M. Ag. Kata kunci: Flipped Classroom, Minat Belajar, dan Keaktifan Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap minat dan keaktifan belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Kajian ini dilatar belakangi oleh kurangnya semangat peserta didik dalam belajar pendidikan agama islam, model yang digunakan masih monoton, kurangnya interaksi guru dengan peserta didik sehingga peserta didik hanya mendengarkan penjelasan guru. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran diperlukan model pembelajaran yang berorientasi pada keterlibatan peserta didik secara aktif, menyenangkan dan efektif sehingga peserta didik dapat mudah belajar pendidikan agama islam. Dalam hal ini, peneliti meneliti pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat dan keaktifan belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Riyadlul Qur’an Malang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI di SMK Riyadlul Qur’an Malang? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI di SMK Riyadlul Qur’an Malang? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat dan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI di SMK Riyadlul Qur’an Malang? Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling, sehingga didapatkan dua kelas yang terbagi atas kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana kelas eksperimen dengan menerapkan model flipped classroom dan kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Data dikumpulkan dengan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang diajarkan dengan model flipped classroom menunjukkah minat dan keaktifan belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional, hal ini terlihat dari hasil penelitian tentang minat dan keaktifan belajar sebesar 0.000. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap minat dan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Riyadlul Qur’an Malang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | faza nur bariroh |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 02:33 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 02:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21991 |
Actions (login required)
View Item |