FADILA LARASATI, 12205173252 (2021) PEMANFAATAN ALAT PERAGA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-IFADAH KALIWUNGU NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Alat Peraga untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung”.Ini ditulis oleh Fadila Larasati, NIM. 12205173252. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Muh. Nurul Huda, M.A. NIP. 197404082007101003. Kata Kunci:Alat Peraga dan Minat Belajar Pemanfaatan alat peraga saat pembelajaran matematika memberikan keuntungan.Alat peraga bisa digunakan pada materi matematika yang membutuhkan.Dengan terdapatnya alat peraga kondisi kelas menjadi makin mengasyikkan serta siswa antusias untuk ikut serta pada pembelajaran matematika dengan semangat dan minat belajar yang makin tinggi.Selain itu, siswa makin konsentrasi serta fokus saat pembelajaran matematika.Sehingga materi matematika yang diberikan guru dapat dicerna secara optimal oleh siswa.Tujuan pembelajaran bisa digapai sesuai dengan yang sudah ditentukan dan berlangsung dengan efektif dan efisien.Fokus penelitian ini ialah (1) Bagaimana pemanfaatan alat peraga untuk menumbuhkan minat belajar siswa melalui jenis alat peraga langsung pada mata pelajaran matematika di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana pemanfaatan alat peraga untuk menumbuhkan minat belajar siswa melalui jenis alat peraga tidak langsung pada mata pelajaran matematika di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung? (3) Apa saja faktor yang mempengaruhi pemanfaatan alat peraga untuk menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang dilaksanakan guna menghasilkan data deskriptif dalam bentuk tulisan, lisan dan perilaku dari subjek yang diteliti.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II dan V MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung.Sumber data penelitian terdiri dari informan dan dokumentasi.Analisis data penelitian yakni, 1) Pengumpulan data 2) Reduksi data 3) Penyajian data 4) Penarikan kesimpulan.Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini, ialah (1) Pemanfaatan alat peraga untuk menumbuhkan minat belajar siswa melalui jenis alat peraga langsung pada mata pelajaran matematika di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung, guru memanfaatkan alat peraga pada jenis benda aslinya untuk diperagakan di dalam kelas.Ketika situasi kelas tiba-tiba tak nyaman serta tak terkondisikan, dengan begitu pemanfaatan alat peraga begitu ampuh supaya peserta didik lebih berminat mengikuti pembelajaran matematika. (2) Pemanfaatan alat peraga untuk menumbuhkan minat belajar siswa melalui jenis alat peraga tidak langsung pada mata pelajaran matematika di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung ialah guna menjadikan pembelajaran matematika makin menarik serta mengasyikkan sehingga menggunakan jenis alat peraga tidak langsung, yakni alat yang dibuat menyerupai bentuk benda aslinya.Alat peraga tidak langsung
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205173252 FADILA LARASATI |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 02:25 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 02:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22040 |
Actions (login required)
View Item |