NADYA MUKTI KAMARINDA, 12402173027 (2021) ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PRODUK PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (Studi Pada Pia Hikmah Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (340kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (351kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (579kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (570kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis SWOT dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Produk pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi pada Pia Hikmah Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Nadya Mukti Kamarinda, NIM 12402173027, dengan pembimbing Drs. Hj. Nur Aini Latifah, S.E, M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dorongan zaman yang berkembang semakin pesat, yang menjadikan masyarakat untuk lebih kreatif dan inovatif untuk memenuhi kehidupan dimasa mendatang, salah satunya dengan membuka usaha. Saat ini Usaha Kecil dan Menengah merupakan penyedia utama lapangan pekerjaan dan kontribusi perekonomian negara. Sebuah usaha mempunyai tujuan untuk tetap hidup dan berkembang, maka dari itu UKM pia Hikmah Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung yang merupakan usaha yang banyak persaingan, perlu menyusun strategi agar dapat meningkatkan omzet penjualan produknya dengan cara memaksimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki sehingga dapat mencegah dan menghindari kelemahan dan ancaman yang mungkin terjadi dimasa mendatang. Fokus penelitian pada penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pendekatan analisis SWOT dalam meningkatkan omzet penjualan produk pada usaha kecil dan menengah di Pia Hikmah Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi yang tepat dalam meningkatkan omzet penjualan usaha kecil dan menengah dengan menggunakan analisis SWOT pada Pia Hikmah Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam terhadap informan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT yang menggabungkan antara faktor internal dan faktor eksternal dalam perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi pengelolaan analisis SWOT ada empat yaitu, strategi SO: Memanfaatkan posisi sebagai pesaing usaha dari usaha pia sejenis dengan menambah bahan baku produksi yang disesuaikan dengan teknologi dan alat produksi yang sudah memadai. Strategi WO: Memperbaiki kualitas SDM dan mengikuti kompetensi kejuruan untuk pemilik dan memberikan pengarahan untuk karyawan guna menjadikan usaha pia sebagai pesaing utama dibidang pia. Strategi ST: Mempertahankan teknologi produksi dengan cara menjamin ketersediaan alat produksi dimasa mendatang. Strategi WT: Membuat SOP untuk proses operasional pia Hikmah guna mendapatkan kinerja produksi yang maksimal. (2) Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kuadran II, dimana perusahaan dapat menggunakan strategi ST dalam meningkatkan omzet penjualan produk dengan cara menggunakan strategi diversifikasi produk/pasar pada Pia Hikmah Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Kata Kunci: Analisis SWOT, Manajemen Strategi, Omzet Penjualan, Usaha Kecil dan Menengah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Pengembangan Masyarakat Islam Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402173027 NADYA MUKTI KAMARINDA |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 01:11 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 01:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22060 |
Actions (login required)
View Item |