UTARI, 12211173002 (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) PADA MATERI TEKANAN ZAT TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (814kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inkuiry) Pada Materi Tekanan Zat Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Utari, NIM.12211173002, Jurusan Tadris Fisika (TFIS), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Prestasi Belajar, dan Motivasi Belajar. Seorang pendidik dalam melaksanakan pembelajaran dituntut untuk memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi, situasi, dan kondisi siswa agar dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa terutama dalam pelajaran IPA SMP kelas VIII materi Tekanan Zat. Model pembelajaran inkuiri terbimbing diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar IPA, sehingga prestasi dan motivasi belajar siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi tekanan zat terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi tekanan zat terhadap motivasi siswa di MTsN 1 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi tekanan zat terhadap prestasi dan motivasi siswa di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya eksperimen semu (quasi experiment). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Tulungagung 308 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas VIII 6 sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah dengan menggunakan analisis uji-t (t-Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi tekanan zat terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel = 4,392 > 2,001 dengan taraf signifikansi 5 %. (2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi tekanan zat terhadap motivasi belajar siswa di MTsN 1 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel = 3,904 > 2,001 dengan taraf signifikansi 5 %. (3) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi tekanan zat terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa di MTsN 1 Tulungagung. Hal ini berdasarkan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | utari UTARI |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 06:45 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 06:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22680 |
Actions (login required)
View Item |