PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PULOTONDO TULUNGAGUNG

NISVU ULUNG TIKA NADA, 17206163067 (2021) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PULOTONDO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (853kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi. Nisvu Ulung Tika Nada. NIM. 17206163067. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Kognitif Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Pulotondo Tulungagung. Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing : Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Kognitif Pendekatan saintifik adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang diterapkan pada anak usia dini. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan ilmiah yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengonunikasikan. Perkembangan kognitif adalah bagaimana perkembangan berpikir anak, bagaimana pola pemikiran anak. Pendekatan saintifik berkaitan dengan perkembangan kognitif melalui pendekatan saintifik diharapkan mampu meningkatkan kognitif anak. Berkaitan dengan ini perlu adanya penelitian terkait pendekatan saintifik dalam mengembangkan kognitif anak yang doterapkan di TK. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik mengamati dalam mengembangkan kognitif anak di TK Dharma Wanita Persatuan Pulotondo Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan h penerapan pendekatan saintifik menanya dalam mengembangkan kognitif anak di TK Dharma Wanita Persatuan Pulotondo Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik mengumpulkan informasi dalam mengembangkan kognitif anak di TK Dharma Wanita Persatuan Pulotondo Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Kepala Sekolah dan Pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian. Pertama, penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan kognitif anak yaitu pendekatan saintifik mengamati. Kedua,penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan kognitif anak yaitu pendekatan saintifik menanya. Ketiga,penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan kognitif anak yaitu pendekatan saintifik mengumpulkan informasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163067 NISVU ULUNG TIKA NADA
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:59
Last Modified: 12 Oct 2021 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22757

Actions (login required)

View Item View Item