ROHMAH, SIAMI (2011) PENGGUNAAN METODE PERMAINAN KUIS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS V SDN I NGRENCAK PANGGUL TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2010-2011. [ Skripsi ]
Text
BAB I.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (187kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (118kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (18kB) |
|
Text
Bagian Depan.docx Download (37kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
Abstract
Kata kunci: Metode permainan kuis, keaktifan belajar, Prestasi Belajar Matematika, bangun datar, bangun ruang. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika yang dipengaruhi oleh kurangnya minat dan keaktifan dalam belajar matematika. Sehingga dalam penelitian ini mencobakan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan metode permainan kuis dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang pada peserta didik kelas V SDN I Ngrencak Panggul Trenggalek? Dan (2) Apakah penggunaan metode permainan kuis dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang pada peserta didik kelas V SDN I Ngrencak Panggul Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Meningkatkan keaktifan belajar matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang pada peserta didik kelas V SDN I Ngrencak Panggul Trenggalek melalui penggunaan metode permainan kuis, dan Meningkatkan prestasi belajar matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang pada peserta didik kelas V SDN I Ngrencak Panggul Trenggalek melalui penggunaan metode permainan kuis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi.Tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik kelas V SDN 1 Ngrencak, angket digunakan untuk mengetahui biodata dan refleksi tentang penggunaan metode permainan kuis. Observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik, sedangkan wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang data sekolah yang diteliti. Setelah peneliti mengadakan penelitian dan menganalisis data Dari hasil pengamatan data keaktifan peserta didik menunjukkan bahwa keaktifan peserta didik meningkat, bahkan semua peserta didik aktif mengikuti pelajaran. Untuk data hasil ulangan juga meningkat yaitu pada nilai 61 keatas dari 7(30%) peserta didik meningkat menjadi 19 (83%) peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 18 Sep 2015 02:31 |
Last Modified: | 18 Sep 2015 02:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2284 |
Actions (login required)
View Item |