ILMA A’INUR RISA, 12201173315 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama (PAI) dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung” ini di tulis oleh Ilma A‟inur Risa, NIM. 12201173315, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, MA. Kata kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Karakter Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang sering dijumpai, yaitu dimana tingkat kesadaran peserta didik dalam melaksanakan perilaku Islami masih sangat minim. Dikarenakan perkembangan zaman sekarang yang mulai meracuni peserta didik untuk menuju ke hal-hal yang negative. Terlebih lagi dari latar belakang pendidikan sebelumnya, lingkungan dan keluarga dari peserta didik. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan masalah kurangnya kesadaran dalam melaksankan perilaku Islami tersebut perlu adanya peran Guru PAI dalam menanamkan karakter religius kepada peserta didik. Tanpa adanya peran guru PAI dalam proses penanaman karakter religius akan terasa kurang maksimal dalam proses penanaman karakter tersebut. Peranan yang akan dilakukan guru PAI dalam menanamkan karakter religius peserta didik, diharapkan mampu tertanam pada diri peserta didik dan mampu mengamalkan perilaku religius dalam kehidupan sehari-hari dengan kesadarannya. Fokus penelitian dalam penulisan Skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai supervisor dalam menanamkan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung ?, (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai motivator dalam menanamkan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri & Tulunggaung ?, (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai transmitor dalam menanamkan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai supervisor dalam menanamkan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung meliputi peran guru sebagai pembimbing, penilai dalam pelaksanaan kegiatan religius seperti pelaksanaan solat dhuha, solat dhuhur, tadarus, memperingati hari besar Islam. Dalam kegiatan tersebut peran guru PAI dijadikan contoh dan tauladan bagi peserta didiknya, seperti halnya guru menjadi imam solat dhuhur maupun solat dhuha, selain itu guru yang lain membimbing di belakang siswa, maksudnya ketika siswa tidak tertib bisa mengawasinya dari belakang kegiatan. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai motivator dalam menanamkan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung meliputi memberi dorongan dengan cara memberikan hadiah dan hukuman bagi peserta yang melaksanakan dan tidak melaksanakan kegiatan religius, serta memberikan apresiasi berupa nilai agar mereka terdorong untuk melakukan kegiatan religius tersebut serta memberikan nasehat tentang keislaman dengan menceritakan hikmah-hikmah dalam melaksanakan kegiatan religius. (3) Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai transmitor dalam menanamkan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung meliputi memberikan nasehat yang positif tentang nilai keagamaan yang sedang dilaksankan, memberikan nilai-nilai positif dari hal-hal terkecil dalam keagamaan melalu pembiasaan yang sering dilakukan guru PAI.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201173315 ILMA A’INUR RISA |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 02:51 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 02:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22989 |
Actions (login required)
View Item |