DIMENSI MORALITAS BISNIS PEDAGANG PASAR TRADISIONAL NGEMPLAK TULUNGAGUNG

AGUNG FRIYANTO, 17402163122 (2021) DIMENSI MORALITAS BISNIS PEDAGANG PASAR TRADISIONAL NGEMPLAK TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK: Skripsi dengan judul “Dimensi Moralitas Bisnis Pedagang Pasar Tradisonal Ngemplak Tulungagung” yang ditulis oleh Agung Friyanto, Jurusan Ekonomi Syariah, NIM. 17402163122, Dosen Pembimbing Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Penelitian ini di latar belangkangi oleh seiring dengan berkembangnya dunia bisnis dari waktu ke waktu, menimbulkan tingkat persaingan bisnis yang begitu tinggi. Dengan persaingan bisnis yang begitu tinggi tersebut banyak dari pelaku bisnis yang menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan, namun mengabaikan nilai-nilai moral yang seharusnya tetap dipegang teguh oleh para pelaku bisnis. Pengurangan takaran dari timbangan, pengoplosan barang kualitas bagus dengan yang buruk dan kecurangan lainya yang sering terjadi menjadi bukti bagi para pelaku bisnis telah mengabaikan nilai-nilai moralitas dalam kegiatan berbisnisnya. Rasulullah SAW telah memberikan petunjuk rahasia dalam keberhasilan mencari keuntungan ketika berbisnis. Keuntungan yang dimaksud tidak hanya keuntungan yang bersifat material saja, tetapi juga keuntungan yang bersifat immaterial yaitu keberkahan. Pintu rahasia tersebut adalah menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Seorang pebisnis harus mendasarkan kegiatanya pada nilai kejujuran, keadilan, kesetaraan hak dan kewajiban, serta bertangungjawab.. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pemahaman moralitas bisnis pedagang pasar tradisional ngemplak Tulungagung? (2) perilaku pedagang seperti apa yang dapat mendatangkan keberkahan menurut mereka pedagang pasar tradisional ngemplak Tulungagung? (3) Bagaimana implikasi moralitas terhadap pelaku bisnis (pedagang) di pasar tradisional Ngemplak Tulungagung?. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian secara langsung dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan acuan data yang bersumber pada data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis dan diuji keabsahanya melalui perpanjangan waktu penelitian, triangulasi data, bahan referensi dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa para pedagang pasar tradisional ngemplak Tulungagung sudah menerapkan kegiatan bisnisnya pada nilai-nilai moralitas. Banyak dari pedagang yang menjalankan kegiatan bisnisnya dilandaskan pada nilai kejujuran, keadilan serta menunjukan sikap bertanggungjawab sebagai seorang pedagang. Perilaku-perilaku tersebut diyakini oleh para pedagang yang telah membantu keberlangsungan usahnya selama ini. Memiliki pelanggan tetap, mendapatkan penghasilan, mendapatkan kepercayaan lebih dari pembeli serta kebaikan-kebaikan lainya dianggap oleh para pedagang sebagai bentuk keberkahan yang telah dapatkanya atas kegiatan berdagangya selama ini. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang, Pasar Tradisional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Pasar
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163122 Agung Friyanto
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:23
Last Modified: 29 Nov 2021 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23267

Actions (login required)

View Item View Item