PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) PADA MATERI TATA SURYA TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs NIDHOMIYAH SUROWONO KEDIRI

VIKI ALFIATUL HIKMAH, 12211173003 (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) PADA MATERI TATA SURYA TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs NIDHOMIYAH SUROWONO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (192kB)

Abstract

Viki Alfiatul Hikmah, 12211173003, 2021, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada Materi Tata Surya terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa MTs Nidhomiyah Surowono Kediri” Skripsi, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci : Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Hasil Belajar Siswa, Motivasi Belajar Siswa, Tata Surya. Hasil belajar dan motivasi belajar siswa sangatlah penting dalam proses pembelajaran. Hasil belajar dapat meningkat, salah satu variabel yang berpengaruh adalah motivasi belajar. Motivasi belajar diperlukan agar siswa menjadi aktif, bersemangat sehingga memperhatikan materi yang disampaikan guru. Jika motivasi belajar siswa tinggi maka hasil belajar siswa akan meningkat. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) adalah model pembelajaran dimana dua orang siswa yang saling bekerja sama untuk mengerjakan dan menjawab permasalahan sesuai dengan kemampuannya, dengan satu anggota pasangan sebagai pemecah permasalahan dan anggota yang lain sebagai pendengar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada materi tata surya terhadap hasil dan motivasi belajar siswa MTs Nidhomiyah Surowono Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah quasi experiment dengan desain Posstest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Nidhomiyah Surowono Kediri, dengan sampel kelas VII C dan kelas VII D, kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan 26 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Menganalisis data menggunakan uji t-test dan uji manova. Berdasarkan hasil analisi data penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada materi tata surya terhadap hasil belajar siswa MTs. Nidhomiyah Surowono Kediri. Dengan diperoleh nilai signifikansi 0,041 < 0,05 sehingga

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: VIKI ALFIATUL HIKMAH
Date Deposited: 08 Dec 2021 04:18
Last Modified: 08 Dec 2021 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23435

Actions (login required)

View Item View Item