KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI KELAS XI MA MA’ARIF NU KEPUNG KEDIRI

FITRIA NINDY NUR MEIULAN SARI, 12204173198 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI KELAS XI MA MA’ARIF NU KEPUNG KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau dari Gaya Belajar di Kelas XI MA Ma’arif NU Kepung Kediri” ini ditulis oleh Fitria Nindy Nur Meiulan Sari, NIM. 12204173198, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Gaya Belajar, Program Linear Pembelajaran matematika mempunyai beberapa tujuan, salah satunya adalah menyiapkan siswa untuk mampu berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif merupakan suatu aktivitas mental atau suatu kebiasaan dengan menggerakkan imajinasi, membuat hubungan-hubungan untuk memberikan macam-macam kemungkinan jawaban dan membuka ide-ide berdasarkan informasi yang diberikan. Berpikir kreatif mempunyai beberapa indikator, diantaranya adalah berpikir lancar (fluent thinking), berpikir luwes (flexible thinking), berpikir orisinil (original thinking) dan kemampuan mengelaborasi (elaboration ability). Banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa, salah satunya adalah gaya belajar. Gaya belajar yang dikelompokkan berdasarkan sensori manusia terdiri dari visual, auditorial dan kinestetik. Kemampuan berpikir kreatif yang ditinjau dari gaya belajar siswa dapat diketahui dengan menyelesaikan soal Program Linear. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal Program Linear. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal Program Linear. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal Program Linear. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk memahami secara mendalam kemampuan berpikir kreatif siswa. Sumber data penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 MA Ma’arif NU Kepung Kediri. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditorial dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal Program Linear berada pada tingkat 3 (kreatif) dan tingkat 1 (kurang kreatif). (2) Kemampuan berpikir kreatif semua siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal Program Linear berada pada tingkat 3 (kreatif). (3) Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal Program Linear berada pada tingkat 1 (kurang kreatif) dan tingkat 0 (tidak kreatif).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fitria Nindy Nur Meiulan Sari
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:15
Last Modified: 09 Dec 2021 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23471

Actions (login required)

View Item View Item