PERAN POLA KOMUNIKASI GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI MI PLUS AL-MAHMUD PONGGOK BLITAR

AYU SAADAH, 12205173108 (2021) PERAN POLA KOMUNIKASI GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI MI PLUS AL-MAHMUD PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Pola Komunikasi Guru untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al-Mahmud Ponggok Blitar” ini ditulis oleh Ayu Saadah NIM 12205173108, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2021, dosen pembimbing Drs. H. Jani, M.M., M.Pd. NIP. 196602101985031001. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran daring. Tentu proses pembelajaran daring sangat berbeda dari pembelajaran tatap muka. Hal ini menyebabkan motivasi belajar yang dimiliki siswa menurun karena belum terbiasa dengan sistem pembelajaran daring. Maka dari itu kemampuan guru dalam berkomunikasi baik ketika menyampaikan pembelajaran ataupun di lingkungan sekolah sangatlah penting. Agar motivasi siswa dapat meningkat kembali maka guru harus melakukan pembaruan dalam berkomunikasi agar pembelajaran tidak bersifat monoton. Salah satu cara yang dapat diterapkan guru yaitu dengan menggunakan pola dalam komunikasi. Pola komunikasi ini digunakan guru untuk memberikan variasi komunikasi agar motivasi belajar siswa dapat meningkat. Salah satu madrasah yang menerapkan pola komunikasi tersebut yaitu Madrasah Ibtidaiyah Plus Al-Mahmud Ponggok Blitar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran pola komunikasi satu arah guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al-Mahmud Ponggok Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021? (2) Bagaimana peran pola komunikasi dua arah guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al-Mahmud Ponggok Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021? (3) Bagaimana peran pola komunikasi multi arah guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al-Mahmud Ponggok Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjang keikutsertaan peneliti, triangulasi dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu (1) Pola komunikasi satu arah diterapkan dengan guru menggunakan metode ceramah yang dikemas melalui video pembelajaran yang diunggah melalui media youtube dan dibagikan melalui whatsapp grup. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan membuat video pembelajaran yang menarik dan jelas, juga memberikan kalimat motivasi setiap pemberian tugas. (2) Pola komunikasi dua arah diterapkan dengan menggunakan aplikasi whatsapp sebagai media dan kelas virtual untuk melaksanakan pembelajaran dengan metode ceramah dan tanya jawab. Peran guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberikan stimulus kepada siswa berupa pertanyaan ringan agar siswa tertarik dan tidak takut dalam mengikuti pembelajaran. (3) Pola komunikasi multi arah dilakukan dengan metode diskusi dan tanya jawab yang dilaksanakan secara berkelompok. Media yang digunakan guru yaitu video call grup whatsapp. Peran guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberikan waktu kepada siswa untuk saling menyapa dan berinteraksi sebelum pembelajaran dimulai. Guru juga memberikan reward kepada siswa yang aktif pada saat proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173108 Ayu Saadah
Date Deposited: 15 Dec 2021 07:08
Last Modified: 15 Dec 2021 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23558

Actions (login required)

View Item View Item