PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs AL-MUSLIHUN TLOGO BLITAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK

SITI NURVIA, 12201173339 (2021) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs AL-MUSLIHUN TLOGO BLITAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (418kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak”, ini ditulis oleh Siti Nurvia (12201173339) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam dibimbing oleh Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Orangtua, Motivasi, Akidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingin tahuan peneliti terhadap pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa maka perlu perhatian dari orang tua. Semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua, maka akan semakin terjamin pula kebutuhan belajar siswa. Orang tua yang mempunyai tingkat pendidikan tinggi, cenderung lebih mengerti kebutuhan belajar anaknya, begitu juga sebaliknya. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut tentang pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar pada mata pelajaran akidah akahlak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua dasar terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar pada mata pelajaran akidah akhlak. (2) Mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua menengah terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar pada mata pelajaran akidah akhlak. (3) Mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua tinggi terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar pada mata pelajaran akidah akhlak. (4) Mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua keseluruhan terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Data yang dikumpulkan dengan metode sebagai berikut. 1) Angket atau kuesioner, yaitu untuk mengumpulkan data mengenai latar belakang pendidikan orang tua siswa terhadap motivasi belajar siswa, 2) dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua tingkat dasar terhadap motivasi belajar siswa, ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,007 ˂ 0,05. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua tingkat menengah terhadap motivasi belajar siswa, ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,008 ˂ 0,05. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua tingkat tinggi terhadap motivasi belajar siswa, ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,044 ˂ 0,05. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua tingkat keseluruhan terhadap motivasi belajar siswa, ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,045 ˂ 0,05. Dapat disimpulkanM bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X secara bersama-sama terhadap Y, maka dapat disimpulkan H1 diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173339 SITI NURVIA
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:42
Last Modified: 18 Jan 2022 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24163

Actions (login required)

View Item View Item