SITI ANISA, 12206173111 (2021) PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA MIFTAHUL FALAH SUKOREJO KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (927kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (179kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (443kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (122kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Kemandirian merupakan kemampuan berpikir dan melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Pentingnya orang tua mengajarkan kemandirian pada anak untuk menyiapkan mereka menghadapi kehidupannya kelak. RA Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung telah menerapkan metode bercerita sejak lama. Dalam penerapannya, metode bercerita ini digunakan oleh pendidik RA Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung untuk mengundang perhatian anak saat pembelajaran menggunakan alat peraga atau media berupa big book, boneka tangan, dan wayang orang sederhana. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode cerita untuk menanamkan kemandirian pada anak usia dini kelompok B RA Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung Sukorejo Karangrejo Sukorejo (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode cerita untuk menanamkan kemandirian pada anak usia dini kelompok B RA Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode cerita untuk menanamkan kemandirian pada anak usia dini kelompok B RA Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Kepala Sekolah dan guru kelompok B RA Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan dan keajekan pengamat, triangulasi sumber dan metode dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian skripsi ini adalah pertama, Perencanaan program pembelajaran setiap 1 tahun sekali bersama kepala sekolah dan guru, meliputi program tahunan (PROTA), Program semester (PROSEM), Rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM), Rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), Persiapan dan pengecekan media yang digunakan untuk kegiatan bercerita serta adanya pelatihan yang berkaitan dengan bercerita. Kedua, pelaksanaan metode cerita meliputi menyiapkan media dan pengkondisian ruangan kelas, memulai kegiatan bercerita, tanya jawab isi cerita dan anak diminta menceritakan kembali isi cerita dan penyampaian pesan moral, Ketiga, evaluasi metode bercerita dilaksanakan untuk meninjau masalah pada saat pelaksanaan metode cerita berlangsung, dan diperbaiki ketika metode bercerita akan dilaksanakan kembali. Penanganan tersebut meliputi mengamankan media yang akan digunakan untuk bercerita, mengkondisikan ruangan atau tempat duduk agar kegiatan bercerita berjalan dengan lancar, menyiapkan reward untuk peserta didik yang mematuhi peraturan dan menjawab pertanyaan dengan benar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206173111 SITI ANISA |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 01:28 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 01:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24362 |
Actions (login required)
View Item |