MAULUDDIANA, NISVA LAILA (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INTERKONEKSI MATEMATIKA-AL-QUR’AN PADA AYAT-AYAT PILIHAN DENGAN POKOK BAHASAN HIMPUNAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-UMRON BENDOSEWU KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (517kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (637kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKANdocx.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Mauluddiana, Nisva Laila. NIM. 3214113128. 2015. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Interkoneksi Matematika-Al-Qur’an pada Ayat-ayat Pilihan dengan Pokok Bahasan Himpunan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Al-Umron Bendosewu Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulunggaung. Pembimbing: Dewi Asmarani, M.Pd Kata Kunci: Interkoneksi Matematika-Al-Qur’an, Himpunan, Hasil Belajar Matematika. Ilmu agama dan ilmu alam pada dasarnya sangat berkaitan, sehingga sangat dianjurkan untuk mempelajari keduanya, dan hal tersebut sudah termaktub di dalam Al-Qur’an. Namun pada kenyataannya banyak sekali umat islam yang tidak mengetahui bahwasannya Al-Qur’an merupakan kalam Allah yang juga berbicara mengenai ilmu alam, misalnya tentang prinsip-prinsip dasar matematika. Sebagai umat islam perlu meninjau ulang format pendidikan islam nondikotomik melalui pengembangan struktur keilmuan yang inegratif-interkonektif. Sehubungan dengan hal tersebut peneliti ingin mengemukakan sebuah inovasi yang dapat mencerdaskan siswa dari segi IQ, EQ, maupun SQ. Inovasi tersebut adalah menghubungkan pembelajaran matematika dengan pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTs Al-Umron Bendosewu Kab. Blitar tahun ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas tentang: Ada tidaknya pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan interkoneksi matematika-Al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Umron Bendosewu kab. Blitar pada mata pelajaran himpunan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan interkoneksi matematika-Al-Qur’an, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan VII-B yang berjumlah 60 siswa. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan interview. Dari hasil analisis data, diperoleh thitung untuk hasil belajar matematika yang diperoleh melalui perhitungan sebesar 5,463. Sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,699 dan hasil uji t dua arah menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan pengaruh yang signifikan dari pendekatan intetrkoneksi matematika-Al-Qur’an tersebut dan melalui hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata tes 88,07 nilai rata-rata tersebut lebih tinggi 17,28 dengan kelas kontrol yang nilai rata-rata tesnya sebesar 70,79. Sehingga dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Pendekatan Interkoneksi Matematika-Al-Qur’an pada Ayat-ayat Pilihan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di MTs Al-Umron Bendosewu Kab. Blitar tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Nisva laila Mauluddiana |
Date Deposited: | 17 Dec 2015 06:54 |
Last Modified: | 17 Dec 2015 06:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2478 |
Actions (login required)
View Item |