PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KELAS VIII MATERI GERAK LURUS BERATURAN DAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN DI SMP ISLAM AL-FATTAHIYAH BOYOLANGU TULUNGAGUNG

KARINA NUR' AULIA, 12211173001 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KELAS VIII MATERI GERAK LURUS BERATURAN DAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN DI SMP ISLAM AL-FATTAHIYAH BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Kognitif dan Hasil Belajar Kelas VIII Materi Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan di SMP Islam Al-Fattahiyah” ini ditulis oleh Karina Nut’ Aulia, NIM 12211173001, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Solving, Kognitif, Hasil Belajar, Gerak Lurus Beraturan, dan Gerak Lurus Berubah Beraturan. Penelitian ini dilatarbelakangi penerapan model pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPA. Model pembelajaran problem solving yang diterapkan pada materi pembelajaran memberi peserta didik memiliki peluang lebih besar untuk dapat berperan aktif dalam memecahkan masalah serta meningkatkan kemampuan kognitif. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan kognitif kelas VIII materi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari di SMP Islam Al-Fattahiyah. (2). Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar kelas VIII materi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari di SMP Islam Alfattahiyah. (3) Untuk mengetahui pengaruh bersama-sama antara model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan kognitif dengan hasil belajar kelas VIII materi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari di SMP Islam Al-Fattahiyyah. Penelitian skripsi ini dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik sampling dengan Convenience sampling. Pengumpulan data dari kelas eksperimen yaitu terdiri dari 17 peserta didik dan kelas kontrol yang terdiri dari 18 peserta didik dari jumlah populasi 120 peserta didik melalui teknik pengambilan data post test dan observasi. Hasil penelitian dari ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan kognitif kelas VIII materi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari di SMP Islam Al-Fattahiyah. (2). Ada pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar kelas VIII materi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari di SMP Islam Alfattahiyah. (3) Ada pengaruh bersama-sama antara model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan kognitif dengan hasil belajar kelas VIII materi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari di SMP Islam Al-Fattahiyyah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211173001 Karina Nur' Aulia
Date Deposited: 07 Feb 2022 06:46
Last Modified: 07 Feb 2022 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24783

Actions (login required)

View Item View Item