PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS VII DI MTsN 5 TULUNGAGUNG

SRI DWI JAYANTI, 12211173008 (2022) PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS VII DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Open Ended Problem Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Sri dwi Jayanti, NIM. 12211173008, Jurusan Tadris Fisika (TFIS), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) Institut Agama Isalam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Open ended problem, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPA khususnya materi fisika disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan pembelajaran konvensioal, dimana proses pembelajarannya hanya menggunakan metode ceramah yang menyebabkan kurang adanya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pembelajaran yang dapat merangsang rasa ingin tahu siswa serta menarik bagi siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa yaitu pembelajaran dengan pendekatan open ended problem. Pembelajaran ini menggunakan metode diskusi sehingga siswa ikut berperan aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat lebih memahami materi dan mampu menyelesaikan suatu permasalahan dengan berbagai sumber belajar dan prosedur/cara. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendekatan Open ended terhadap minat belajar IPA Fisika siswa kelas VII di MTsN 5 Tulungagung, mengetahui pengaruh pendekatan Open ended terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VII di MTsN 5 Tulungagung, dan mengetahui pengaruh pendekatan Open ended terhadap minat dan hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VII di MTsN 5 Tulungagung, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Quasi Eksperimen Desain dan bentuk penelitian Nonequivalent Control Group Design. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Uji analisisnya menggunakan uji t-test dan MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : adanya pengaruh pendekatan open ended pada materi suhu dan kalor terhadap minat belajar siswa kelas VII di MTsN 5 Tulungagung, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, adanya pengaruh pendekatan open ended pada materi suhu dan kalor terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 5 Tulungagung, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, adanya pengaruh pendekatan open ended pada materi suhu dan kalor terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 5 Tulungagung, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Sri Dwi Jayanti
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:54
Last Modified: 07 Feb 2022 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24793

Actions (login required)

View Item View Item