KARIMATUS SYANGADAH, 12209173070 (2022) UPAYA SISWA MTSN 4 TRENGGALEK DALAM MENGHADAPI KESULITAN BELAJAR BERBASIS DARING MATA PELAJARAN IPS DI DESA MARGOMULYO, TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (761kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan upaya siswa untuk mengahadapi kesulitan belajar berbasis daring di Desa Margomulyo, Trenggalek yang di dalam pelaksanaannya mengalami berbagai hambatan baik dari diri siswa, media, orang tua, dan fasilitas yang mengakibatkan pembelajaran berbasis daring kurang efektiv. Dalam penelitian ini peneliti siswa MTsN 4 Trenggalek yang ada di Desa Margomulyo, yaitu siswa kelas VII, VIII, dan IX. Rumusan masalah ini meliputi (1) Apa saja hambatan siswa MTsN 4 Trenggalek ketika melakukan pembelajaran berbasis daring di Desa Margomulyo, Trenggalek. (2) Apa upaya siswa MTsN 4 Trenggalek dalam menghadapi kesulitan belajar berbasis daring pada mata pelajaran IPS di Desa Margomulyo, Trenggalek. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) Hambatan siswa MTsN 4 Trenggalek ketika melakukan pembelajaran berbasis daring di Desa Margomulyo, Trenggalek. (2) Upaya siswa MTsN 4 Trenggalek dalam menghadapi kesulitan belajar berbasis daring pada mata pelajaran IPS di Desa Margomulyo, Trenggalek. Untuk mencapai rumusan masalah penelitian diatas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti hanya bertugas sebagai pengamat selama observasi berlangsung. Analisis data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dimana dari data yang terkumpul dari hasil wawancara dan observasi lapangan diorganisasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hambatan siswa MTsN 4 Trenggalek ketika melakukan pembelajaran berbasis daring adalah: (a) jaringan internet dan kuota yang terbatas, (b) kurangnya buku penunjang pembelajaran IPS, (c) orang tua kurang ikut andil dalam proses pembelajaran berbasis daring, (d) guru hanya memberikan tugas tanpa dijelaskan terlebih dahulu, (e) rasa malas siswa (f) Materi IPS sulit di pahami. (2) Upaya siswa MTsN 4 Trenggalek dalam menghadapi kesulitan belajar berbasis daring pada mata pelajaran IPS adalah: (a) siswa mencari sinyal di tempat yang memungkinkan dapat untuk mengakses tugas nantinya dan mempersiapkan kuota yang cukup, (b) siswa mempersiapkan dan mencari materi penunjang dari internet, (c) Siswa mencari tempat nyaman untuk belajar, (d) siswa belajar dengan sungguh-sungguh, (e) siswa membuat jadwal belajar .
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kesulitan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209173070 Karimatus Syangadah |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 03:54 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 03:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24855 |
Actions (login required)
View Item |