ELVINA AGUSTYANI, 12204173069 (2021) PENGARUH STRATEGI HEURISTIK MODEL SCHOENFELD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 02 SUMBERGEMPOL PADA MATERI ALJABAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (425kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (540kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (572kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (540kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (198kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Heuristik Model Schoenfeld Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Keaktifan Siswa Kelas VII di SMPN 02 Sumbergempol pada Materi Aljabar” ini ditulis oleh Elvina Agustyani, NIM. 12204173069, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Heuristik Model Schoenfeld, Hasil Belajar Matematika, Keaktifan Siswa Upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan hendaknya sejalan dengan perbaikan proses pembelajaran. Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang berperan penting dalam mendukung ilmu pengetahuan lainnya, dengan adanya kemajuan ilmu matematika maka membantu kemajuan ilmu pengetahuan lainnya. Menyadari akan pentingnya peranan matematika, maka peningkatan kualitas hasil belajar matematika disetiap jenjang pendidikan perlu mendapatkan perhatian yang sungguh-sungguh. Sejalan juga dengan keaktifan siswa dimana dalam belajar merupakan persoalan penting dan mendasar yang harus dipahami, disadari dan dikembangkan oleh setiap guru dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan itu semua dalam proses pembelajaran dibutuhkan metode dan strategi yang tepat, strategi yang digunakan adalah strategi Heuristik Model Schoenfeld. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh dari strategi heuristic Model Schoenfeld terhadap hasil belajar matematika dan keaktifan siswa di dalam kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Adapun desain yang digunakan peneliti adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Rancangan ini mempunyai satu kelas eksperimen dengan suatu perlakuan dan diberi posttest, tetapi tanpa pretest, dan satu kelas kontrol yang hanya diberi posttest tetapi tanpa pretest dan tanpa perlakuan. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Tes yang diberikan terdiri dari 4 soal materi Aljabar serta 40 soal pernyataan angket sesuai dengan indicator keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi heuristik model schoenfeld lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar matematika dan keaktifan belajar siswa dari pada dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Adapun pengaruh yang timbul adalah siswa menjadi lebih baik dalam memecahkan masalah didalam soal-soal yang telah disediakan, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat dan lebih baik, serta adapun pengaruh dari keaktifan siswa yang timbul adalah siswa lebih senang dan aktif dalam pembelajaran sehingga menjadikan siswa lebih mudah dalam memahami materi. Hal ini juga menjelaskan bahwa dengan adanya hasil belajar yang baik dan dengan adanya usaha tekun dan didasari keaktifan ketika berada dalam kelas, maka siswa dapat mencapai tujuannya dengan hasil yang optimal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Pendidikan > Hasil Belajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173069 elvina |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 06:22 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 06:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25039 |
Actions (login required)
View Item |