PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TAHFIDZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS X SMA IT WALISONGO

ADE FITRA N.L, 12212173033 (2021) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TAHFIDZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS X SMA IT WALISONGO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Tahfidz Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas X SMA IT Walisongo” ini ditulis oleh Ade Fitra N.L., NIM. 12212173033, Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Ifah Silfianah, M.Pd. Kata kunci: Gaya Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Pelajaran Kimia Banyak orang tua yang memilih untuk memasukkan anaknya ke pesantren untuk menghafalkan Al-Quran yang di dalamnya juga terdapat sekolah formal dengan harapan agar tercapainya prestasi baik dalam ilmu agama maupun ilmu umum. Prestasi yang bagus tentu diharapkan dimiliki santri pada semua mata pelajaran, salah satunya kimia. Banyak faktor yang mempengaruhi gaya belajar santri tahfidz, diantaranya adalah gaya belajar dan lingkungan belajar. Oleh karena itu perlu dikaji gaya belajar maupun lingkungan belajar terhadap prestasi belajar santri tahfidz dalam pelajaran kimia. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA IT Walisongo Wonodadi Blitar, (2) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA IT Walisongo Wonodadi Blitar, (3) untuk mengetahui pengaruh lingkungan dan gaya belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA IT Walisongo Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA IT Walisongo yang berada di desa Rejosari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar dan di Pondok Pesantren As-Salafi Walisongo. Subjek penelitian ini adalah siswa tahfidz kelas X SMA IT Walisongo Wonodadi Blitar yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Instrumen angket gaya belajar dan lingkungan belajar di uji validitas data yang berjumlah 52 butir pertanyaan mengenai gaya belajar dan 44 butir pertanyaan mengenai lingkungan belajar serta di uji reliabilitasnya menghasilkan nilai Alpha Cronbach > 0,6 dengan kategori reliabel. Pada tahap analisis data dilakukan uji normalitas, homogenitas, linieritas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi sebagai uji prasyarat. Setelah itu dilakukan uji hipotesis data menggunakan uji regresi berganda, untuk hipotesis pertama dan kedua menggunakan uji parsial agar memperoleh data parsial variabel gaya belajar terhadap variabel prestasi belajar dan variabel lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Hipotesis ketiga menggunakan uji simultan untuk memperoleh data simultan varaibel gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap variabel prestasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa tahfidz kelas X SMA IT Walisongo. (2) Tidak terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa tahfidz kelas X SMA IT Walisongo. (3) Tidak terdapat pengaruh gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa tahfidz kelas X SMA IT Walisongo.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Kimia
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: Skripsi 12212173033 Ade Fitra N.L
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:59
Last Modified: 31 Mar 2022 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25461

Actions (login required)

View Item View Item