AFIATUL NIKMAH, 12505194012 (2021) PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI ERA PANDEMI (Studi Multikasus di SDI Qurota A’yun Ngunut dan MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (419kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (733kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (903kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Peningkatan Mutu Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di Era Pandemi (Studi Multikasus di SDI Qurota A’yun Ngunut dan MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Tulungagung) ” ditulis oleh Afiatul Nikmah, NIM 12505194012, pembimbing Dr. Lukluk Nur Mufidah, M.Pd.I dan Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Peningkatan Mutu, Pembelajaran Tematik, Kompetensi Siswa Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi oleh mulai diterapkannya pembelajaran daring selama pandemi covid-19 pada seluruh jenjang pendidikan termasuk jenjang sekolah dasar. Guru harus mengupayakan pembelajaran yang berkualitas meskipun dengan keterbatasan waktu serta media yang digunakan. Hal tersebut dilakukan supaya kompetensi peserta didik dapat dicapai secara optimal. Sehingga, mutu pembelajaran khususnya pembelajaran tematik di sekolah dasar harus ditingkatkan. Fokus penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah (1) Bagaimanakah peningkatan mutu pembelajaran tematik dalam meningkatkan kompetensi siswa melalui penguatan kurikulum di SDI Qurota A’yun Ngunut dan MI Tarbiyatul islamiyah Tenggur; (2) Bagaimanakah peningkatan mutu pembelajaran tematik dalam meningkatkan kompetensi siswa melalui pengelolaan sumber daya tenaga pendidik di SDI Qurota A’yun Ngunut dan MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur; (3) Bagaimanakah peningkatan mutu pembelajaran tematik dalam meningkatkan kompetensi siswa melalui perbaikan berkesinambungan di SDI Qurota A’yun Ngunut dan MI Tarbiyatul Islamiyah. Tujuan mendeskripsikan untuk mengetahui peningkatan mutu pembelajaran tematik dalam meningkatkan kompetensi siswa melalui penguatan kurikulum, pengelolaan sumber daya tenaga pendidik, dan perbaikan berkesinambungan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi multikasus yang dilakukan di SDI Qurota A’yun Ngunut dan MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan, (1) peningkatan mutu pembelajaran tematik dalam meningkatkan kompetensi siswa di era pandemi melalui penguatan kurikulum di SDI Qurota A’yun Ngunut dan MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur dilaksanakan dengan beberapa kegiatan, yaitu a) monitoring kepala sekolah terhadap pelaksanaan proses pembelajaran tematik yang sesuai dengan kurikulum 2013, b) penyusunan dan pengembangan RPP yang berorientasi pada siswa dengan pendekatan saintifik, c) penyusunan dan pelaporan penilaian hasil belajar peserta didik yang meliputi tiga aspek yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik, d) pendampingan kurikulum 2013 bagi guru dari dinas pendidikan setempat. (2) peningkatan mutu pembelajaran tematik dalam meningkatkan kompetensi siswa di era pandemi melalui pengelolaan sumber daya tenaga pendidik di SDI Qurota A’yun Ngunut dan MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur dilaksanakan dengan beberapa kegiatan, yaitu a) rekrutmen guru dengan kualifikasi pendidikan PGSD atau PGMI, b) guru mengikuti pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi kine master dan kamtasia bersama tim IT dari sekolah masing-masing dan dari dinas pendidikan setempat, c) guru belajar secara ortodidak untuk membuat media pembelajaran tematik, d) guru mengikuti KKG yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan setempat; e) program Gerakan Guru Membaca (G2M), (3) Peningkatan mutu pembelajaran tematik dalam meningkatkan kompetensi siswa di era pandemi melalui perbaikan berkesinambungan di SDI Qurota A’yun Ngunut dan MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur dilaksanakan dengan beberapa kegiatan, yaitu a) melakukan evaluasi proses pembelajaran secara rutin melalui rapat dewan guru, b) dokumentasi perkembangan dan permasalahan proses pembelajaran, c) komunikasi dengan wali siswa, d) memantau perkembangan dan perubahan proses pembelajaran setelah diadakannya perbaikan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | M.Pd 12505194012 Afiatul Nikmah |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 05:38 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 05:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25976 |
Actions (login required)
View Item |