MILA QUSNATUL IZZA, 12204183262 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR KELAS XI MA MA’ARIF PONGGOK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (829kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI MA Ma’arif Ponggok” ini ditulis oleh Mila Qusnatul Izza, NIM. 12204183262, Pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Means Ends Analysis, Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan serta masih bersifat teacher center. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki. Model pembelajaran Means Ends Analysis merupakan model pembelajaran transformasi dari model problem solving yang memudahkan siswa dalam proses pemecahan masalah dengan membagi masalah menjadi sub-sub tujuan yang lebih sederhana, mengidentifikasi perbedaan, menyusun masalah sehingga terjadi keterkaitan dengan tujuan. Tujuan penelitian adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi turunan fungsi aljabar kelas XI MA Ma’arif Ponggok. (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar kelas XI MA Ma’arif Ponggok. (3) Mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar kelas XI MA Ma’arif Ponggok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen (pre-eksperimental) Intact-Group Comparison dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan semua anggota populasi menjadi sampel dikarenakan jumlah populasi relatif kecil. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 31 siswa, 16 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 15 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar) dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi turunan fungsi aljabar kelas XI MA Ma’arif Ponggok. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar kelas XI MA Ma’arif Ponggok. 3) Besar pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar kelas XI MA Ma’arif Ponggok sebesar 2,236 dan 1,544. Berdasrkan kriteria effect size cohen’s dapat dikatakan bahwa besar pengaruh tergolong sangat besar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183262 MILA QUSNATUL IZZA |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 05:58 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 05:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26991 |
Actions (login required)
View Item |