NURLIANA, 12204173216 (2022) METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DENGAN METODE LATIS DI MTsN 10 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (904kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (350kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (394kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (461kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (937kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (901kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar Dengan Metode Latis” ditulis oleh Nurliana, NIM. 12204173216, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Metakognisi , Pemecahan Masalah , Metode Latis Metakognisi merupakan hal penting dalam pembelajaran matematika. Metakognisi merupakan pengetahuan atau kesadaran seseorang terhadap hasil belajar, dimana seseorang sadar dalam proses kognitifnya yang akan muncul aktivitas Planning, Monitoring dan Evaluation proses berpikir dan hasil berpikir siswa pada saat memecahkan masalah. Metakognisi akan membantu siswa mengarah proses berpikirnya dalam memecahkan masalah sehngga siswa bisa menyelesaikan secara tepat dan efektif. Dalam pemecahan masalah ini akan digunakan metode latis agar siswa lebih mudah dalam penyelesaiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan metakognisi siswa berkemampuan tinggi dalam memecahkan operasi hitung bentuk al jabar dengan menggunakan metode latis, 2) Untuk mendeskripsikan metakognisi siswa berkemampuan tinggi dalam memecahkan operasi hitung bentuk al jabar dengan menggunakan metode latis, 3) Untuk mendeskripsikan metakognisi siswa berkemampuan tinggi dalam memecahkan operasi hitung bentuk al jabar dengan menggunakan metode latis. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VII D MTsN 10 Blitar, dimana 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes metakognisi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu: 1) metakognisi siswa berkemampuan tinggi dalam pemecahan masalah dengan metode latis mampu melalui indikator metakognisi yaitu planning, monitoring dan evaluation.2) metakognisi siswa berkemampuan sedang dalam pemecahan masalah dengan metode latis mampu melalui indikator metakognisi yaitu planning dan monitoring. 3) metakognisi siswa berkemampuan rendah dalam pemecahan masalah dengan metode latis mampu melalui indikator metakognisi yaitu monitoring.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173216 NURLIANA |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 11:37 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 11:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30400 |
Actions (login required)
View Item |