RICHA ARIFAH, 3214113138 (2015) Analisis Pemahaman Siswa berdasarkan Teori APOS (action, process, object dan schema) pada materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMK Al-Badar Kedungwaru Tulungagung Semester II Tahun Ajaran 2014/2015. [ Skripsi ]
|
Text
COVER - ABSTRAK.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Analisis Pemahaman Siswa berdasarkan Teori APOS (action, process, object dan schema) pada materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMK Al-Badar Kedungwaru Tulungagung Semester II Tahun Ajaran 2014/2015”, ini ditulis oleh Richa Arifah Rahmawati Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika dibimbing oleh Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman, APOS Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh peserta didik sering merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran barisan dan deret karena pemahaman yang kurang. Siswa sangat sulit dikondisikan karena situasi dalam kelas gaduh dan ramai. Untuk menanggulangi permasalahan dalam pembelajaran teori APOS tersebut harus dicoba untuk diterapkan dengan harapan pemahaman siswa semakin meningkat, khususnya dalam materi baris dan deret. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah ”Bagaimana pemahaman siswa berdasarkan Teori APOS (action, process, object dan schema) pada materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMK Al-Badar Kedungwaru Tulungagung Semester II Tahun Ajaran 2014/2015?” Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah pemahaman siswa berdasarkan Teori APOS (action, process, object dan schema) pada materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMK Al-Badar Kedungwaru Tulungagung Semester II Tahun Ajaran 2014/2015 yaitu 1) pada tahap aksi, siswa hanya dapat menyatakan perbedaan antara suatu barisan dan deret dengan memperhatikan pola dari beberapa suku pada barisan dan deret. Sedangkan untuk menentukan jawaban dari barisan dan deret, hanya dilakukan dengan aktivitas prosedural, yaitu mengalikan atau menjumlahkan suatu bilangan dengan bilangan lainnya pada suatu barisan. 2) Pada tahap proses, siswa telah memiliki pemahaman prosedural, yaitu dapat menjelaskan cara menentukan suku dari suatu barisan dan deret dengan memperhatikan pola beberapa suku pada suatu barisan dan deret. Siswa juga dapat menyatakan rumus suku ke-n dari suatu barisan dan menjelaskan cara penggunaan rumus tersebut untuk menentukan suku tertentu dari suatu barisan. 3) Pada tahap objek, siswa telah memiliki pemahaman konseptual, yaitu siswa sudah mengetahui karakteristik suatu barisan dan deret, dapat menyatakan definisi suatu barisan dan deret, dapat memberikan contoh dan bukan contoh suatu barisan, dan dapat menyatakan hubungan antara satu suku dengan suku lainnya pada suatu barisan. Siswa juga memiliki mampuan proses untuk menentukan suku tertentu dari suatu barisan. 4) Pada tahap skema, siswa memiliki skema awal tentang suatu barisan dan deret, yaitu dapat mengkonstruksi suatu koordinasi yang mengaitkan aksi, proses, atau objek yang terpisah untuk menyelesaikan suatu soal aplikasi barisan dan deret serta dapat mengaitkan skema awal tentang barisan dan deret dengan skema fungsi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | RICHA 3214113138 RICHA ARIFAH |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 02:25 |
Last Modified: | 18 Dec 2015 02:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3042 |
Actions (login required)
View Item |