PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM- ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMAN 4 BLITAR

AZZAHRO NUR REALITA, 12212183037 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM- ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMAN 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Student Team- Achievement Division (STAD) berbantuan Liveworksheets pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 4 Blitar” ditulis oleh Azzahro Nur Realita, NIM. 12212183037. Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes, Ph.D. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Team-Achievement Division (STAD), Liveworksheets, Tata Nama Senyawa Kimia, Hasil Belajar Pembelajaran satu arah yang berpusat pada guru membuat siswa menjadi pasif dan kurang menarik perhatian dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan dan ketertarikan siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran student team-achievement division (STAD) dapat menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran menggunakan liveworksheets dapat memfasilitasi siswa untuk belajar aktif, berdiskusi, dan menyampaikan ide siswa. Oleh sebab itu, model pembelajaran student team-achievement division (STAD) berbantuan liveworksheets ini dapat memancing siswa untuk aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student team-achievement division (STAD) berbantuan liveworksheets pada materi tata nama senyawa kimia terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA SMAN 4 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan posttest-only control design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X MIPA dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas adalah kelas X MIPA-1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA-2 sebagai kelas kontrol. Sampling yang digunakan adalah teknik clusterrandom sampling. Cara pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan terdapat uji instrumen, uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji instrumen tersebut berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran butir soal, dan uji daya beda. Sedangkan uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji mann-whitney u-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran student team- achievement division (STAD) berbantuan liveworksheets pada materi tata nama senyawa kimia terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA SMAN 4 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: Realita Azzahro Nur
Date Deposited: 22 Dec 2022 08:36
Last Modified: 22 Dec 2022 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31862

Actions (login required)

View Item View Item