MEGA YULIA ANNISA ROHMAH, 12210183077 (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS VII C MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (737kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (168kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (255kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition pada Siswa Kelas VII C MTs Assyafi’iyah Gondang Tahun Ajaran 2021/2022” ditulis oleh Mega Yulia Annisa Rohmah, NIM 12210183077, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata kunci: Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), menulis narasi sugestif Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII C MTs Assyafi’iyah Gondang dilatarbelakangi oleh observasi awal yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa yang dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata siswa menulis narasi sugestif yaitu 50,7. Rata-rata tersebut masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Selain itu, proses pembelajaran juga belum terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, kesulitan dalam menentukan judul dan menyusun ide cerita. Salah satu upaya guru untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model CIRC merupakan kombinasi terpadu antara membaca dan menulis yang dilaksanakan secara berkelompok agar siswa lebih aktif dan termotivasi dalam menulis narasi sugestif. Tujuan penelitian ini untuk menunjukkan peningkatan keterampilan menulis narasi siswa kelas VII C MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2021/2022 dengan menggunakan model CIRC. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia bersama penulis bekerjasama menggali dengan mengkaji permasalahan nyata yang dihadapi guru dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan berdasarkan tahapannya antara lain perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII C MTs Assyafi’iyah Gondang sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data melalui penilaian tes hasil karya menulis narasi sugestif, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data berdasarkan data kuantitatif berupa ketuntasan tes subjektif dari nilai karya siswa dan data kualitatif berupa hasil pengamatan interaksi siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata hasil karya siswa siklus I sebesar 64,1 dengan persentase klasikal 20% meningkat pada siklus II sebesar 77,5 dengan persentase klasikal 90%. Hasil pengamatan aktivitas guru memperoleh skor siklus I 68,75 (kurang) meningkat menjadi 84,61 (baik) pada siklus II. Hasil pengamatan aktivitas siswa sudah meningkat yaitu siswa berperan aktif dan termotivasi mengikuti pembelajaran menulis. Dari uraian tersebut, disimpulkan bahwa model CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi sugestif siswa kelas VII C MTs Assyafi’iyah Gondang Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Bahasa Dan Sastra > Narasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | S1 12210183077 MEGA YULIA ANNISA ROHMAH |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 07:34 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 07:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32485 |
Actions (login required)
View Item |