NANDA ISNA MUFIDA, 12206183019 (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK YANG MENGALAMI HAMBATAN DI KELOMPOK B TK AL HIDAYAH POJOK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (545kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (361kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (51kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (225kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nanda Isna Mufida, 12206183019, 2022, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Yang Mengalami Hambatan Di Kelompok B TK AL-Hidayah Pojok. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Errifa Susilo., M.Pd. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Motorik Halus Mampu mengembangkan motorik halus pada anak didik merupakan salah satu tujuan para guru terutama guru TK Al-Hidayah pojok, namun untuk mencapai tujuan tersebut banyak upaya yang harus dilakukan sekaligus banyak kendala didalamnya. Dengan demikian hal diatas menjadi latar belakang peneliti untuk mencari tahu apa saja upaya, hambatan, serta solusi yang dilakukan oleh para guru TK Al-Hidayah Pojok sehingga mampu mencapai tujuan yang menentukan berhasil atau tidaknya seorang guru mengembangkan motorik halus pada anak didiknya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana upaya guru untuk meningkatkan kemampuan motorik halus di kelompok B TK AL-Hidayah Pojok? (2) Bagaimana hambatan yang dialami oleh guru untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok B TK AL-Hidayah Pojok? (3) Bagaimana upaya guru mengatasi hambatan yang terjadi dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok B TK AL-Hidayah Pojok? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di TK AL-Hidayah Desa Pojok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamat, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitiannya adalah : (1) Upaya yang dilakukan guru yaitu menyiapkan beragam metode, menggambar bersama, menggunting, menempel, memperkenalkan tekstur dan bentuk baru, mengawasi dan memfasilitasi, dan pendidik bersedia mendampingi. (2) hambatan yang dialami oleh guru yaitu, kondisi peserta didik yang beragam dan kurangnya kerjasama orang tua dengan guru, (3) upaya guru mengatasi untuk hambatan yang terjadi yaitu upaya guru untuk mengatasi kondisi peserta didik yang beragam adalah melakukan evaluasi agar guru mengetahui seberapa besar tingkat kefahaman peserta didiknya, dan upaya guru untuk mengatasi kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua yaitu guru selalu berusaha membangun komunikasi dengan para orang tua dengan cara pertemuan wali murid dan bertanya secara langsung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183019 NANDA ISNA MUFIDA |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 06:30 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 06:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32881 |
Actions (login required)
View Item |