PERAN GURU UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B (5-6 Tahun) DI TK AL - HIDAYAH SLOROK SELAMA MASA PADEMI COVID-19

VIVA KUMALASARI AYU TRISNA, 12206183001 (2023) PERAN GURU UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B (5-6 Tahun) DI TK AL - HIDAYAH SLOROK SELAMA MASA PADEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B (5-6 Tahun) Di Tk Al - Hidayah Slorok Selama Masa Pademi Covid-19 “ yang ditulis oleh Viva Kumalasari Ayu Trisna, NIM 12206183001 jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, yang dibimbing oleh Ibu Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Sosial Emosional, Anak Usia 5-6 Tahun, Pandemi Covid-19 Peran guru adalah usaha yang dlakukan guru dalam mendidik, membimbing, mengarahkan, serta mengevaluasi peserta didik. Adanya covid-19 mengharuskan pembelajaran secara daring salah satunya di TK Al Hidayah Slorok. Perkembangan sosial emosional anak perlu adanya dorongan dari guru, orang tua dan lingkungan, maka dari itu peneliti ingin mengetahui peran guru untuk mengembangkan sosial emosional selama masa pandemi. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B (5-6 tahun) selama masa pandemi covid-19 TK Al – Hidayah Slorok ? 2)Bagaimana peran guru sebagai fasilitator untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B (5-6 tahun) selama masa pandemi covid-19 TK Al – Hidayah Slorok ? 3)Bagaimana peran guru sebagai motivator untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B (5-6 tahun) selama masa pandemi covid-19 TK Al – Hidayah Slorok ? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, jenis yang digunakan yaitu studi kasus, teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan, triagulasi sumber, triagulasi waktu, triagulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru sebagai pembimbing yaitu: Memiliki koordinasi dan kerjasama kepada orang tua, Merencanakan dan mengevaluasi proses pengembangan kemampuan sosial emosional anak. Memberikan bimbingan kepada anak berupa home visit, Hasil dari guru memberi bimbingan anak lebih percaya diri. (2) Peran guru sebagai fasilitatoryaitu: Memberikan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan agar anak tidak bosen, dan juga vidio yang menarik berisikan ice breaking dan penjelasan dari guru, Menyediakan peralatan pembelajaran guna menunjang proses belajar anak. (3) Peran guru sebagai motivator yaitu: Guru menjadi pendorong semangat untuk anak dalam belajar, Guru memberikan reward dengan selalu memuji anak setelah melakukan kegiatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Guru
Pandemi
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183001 VIVA KUMALASARI AYU TRISNA
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:18
Last Modified: 28 Mar 2023 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33273

Actions (login required)

View Item View Item