BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SPONSOR PROGRAM CONGRUENCE, DAN PRODUCT PLACEMENT MEREK KAHI PADA DRAMA KOREA CAFÉ MINAMDANG TERHADAP PURCHASE INTENTION

NADYA BELLA ALVISCA, 12405193125 (2023) BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SPONSOR PROGRAM CONGRUENCE, DAN PRODUCT PLACEMENT MEREK KAHI PADA DRAMA KOREA CAFÉ MINAMDANG TERHADAP PURCHASE INTENTION. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Globalisasi merupakan sebuah fenomena yang mempengaruhi dunia secara signifikan, terutama dalam bidang teknologi. Salah satu contohnya adalah fenomena Korean Wave yang menarik perhatian perusahaan untuk memanfaatkannya sebagai ajang promosi produk dengan menggunakan teknik Product Placement pada drama atau film. Penelitian ini akan berfokus pada Product Placement yang dilakukan oleh merek KAHI pada Drama Korea Café Minamdang. Perkembangan teknologi juga mempengaruhi dunia pemasaran, contohnya adalah munculnya fenomena Electronic Word of Mouth (E-WOM), yang dapat memberikan pengaruh positif atau negatif terhadap reputasi suatu perusahaan. Penelitian ini berfokus pada pengaruh E-WOM, Product Placement, dan Sponsor Program Congruence terhadap Purchase Intention dengan mempertimbangkan variabel intervening Brand Image. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang di teliti terhadap keputusan pembelian konsumen serta dapat menjadi awal bagi penelitian besar yang lain dan menambah khazanah ilmu pengetahuan yang kemudian dapat membantu digital marketer untuk menyusun strategi pemasaran bagi perusahaan. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling secara purposive sampling yang merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun kriteria responden diantaranya yaitu:(1) Mahasiswa aktif UIN SATU Tulungagung pada fakultas FEBI, (2) Pernah menonton Drama Korea Café Minamdang, dan mengetahui adegan product placement merek KAHI pada drama korea Café Minamdang. Tahap selanjutnya, data kuesioner dianalisis dengan regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel Electronic Word of Mouth tidak berpengaruh terhadap Purchase Intention sedangkan variabel Sponsor Program Congruence, Product Placement dan Brand Image berpengaruh terhadap Purchase Intention secara parsial. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel e-wom, sponsor program congruence, product placement, dan Brand Image berpengaruh terhadap Purchase Intention secara simultan atau bersama-sama. Angka Adjusted R Square sebesar 0.905, hal ini berarti 90.5% variasi Purchase Intention dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen e-WOM, Sponsor Program Congruence, dan Product Placement, sedangkan sisanya (100% - 90.5% = 9.5%) dijelaskan oleh sebab-sebab lain di luar model. Standard error of estimate (SE of Regression) sebesar 0.653799, makin kecil nilai Standard error of estimate (SE of Regression) akan membuat model regresi semakin tepat dalam memprediksi variabel dependen. Selanjutnya pengujian menggunakan analisis jalur dan uji sobel menunjukkan Brand Image tidak mengintervening pengaruh Sponsor Program Congruence dan Product Placement terhadap Purchase Intention, namun berhasil mengintervening E-WOM terhadap Purchase Intention. Kata kunci : Electronic Word of Mouth, Sponsor Program Congruence, Product Placement, Brand Image, dan Purchase Intention

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Student 12405193125 Nadya Bella Alvisca
Date Deposited: 24 May 2023 07:18
Last Modified: 24 May 2023 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35608

Actions (login required)

View Item View Item