IKA DZURROTUN NASIHAH, 12204183222 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEA's) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 8 SMPN 2 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berfikir kritis adalah salah satu kemampuan dasar matematis yang harus dimiliki siswa. Hal ini akan sejalan dengan tujuan dari pembelajaran matematika yaitu mampu memahami hubungan antar konsep. Dengan melihat pentingnya kemampuan berfikir kritis, maka guru wajib mempunyai metode agar dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik tersebut sehingga akan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Pada Pra-Observasi ditemui bahwa kemampuan berfikir kritis siswa tergolong masih rendah sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) pengaruh penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) terhadapat kemampuan berfikir kritis; b) pengaruh penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) terhadapat hasil belajar siswa; c) pengaruh penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) terhadapat kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Turue Experimental dengan design Posttest-only Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Model Eliciting Activities (MEAs) sedangkan variable terikatnya yaitu kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas 8 SMPN 2 Sumbergempol. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan instrument berupa tes. Untuk pengujian dilakukan dengan uji t-test pada rumusan pertama dan kedua, dan uji manova pada rumusan ketiga. Hasil pengujian post-test menunjukkan bahwa: a) Untuk pengaruh penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa didapatkan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh dari penerapan MEAsterhadap kemampuan berfikir kritis, b) Untuk pengaruh penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap hasil belajar siswa didapatkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh dari penerapan MEAs terhadap hasil beajar siswa, c) Untuk pengaruh penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa didapatkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh dari penerapan MEAs terhadap kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183222 Ika Dzurrotun Nasihah |
Date Deposited: | 25 May 2023 08:33 |
Last Modified: | 25 May 2023 08:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35700 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
View Item |