SITI QOMARIYAH, 12401193033 (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS ANGGOTA PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT AL MADANI DAN BMT SAHARA KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (539kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (416kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (554kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (545kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota Pembiayaan Murabahah Pada BMT Al Madani dan BMT Sahara Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Qomariyah NIM. 12401193033 Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Bapak Refki Rusyadi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya persaingan di dunia keuanganyang semakin ketat. Banyaknya lembaga yang menawarkan produk yang samasehingga membuat BMT Al Madani dan BMT Sahara Tulungagung mengalami fluktuasi jumlah nasabah pembiayaan murabahah padahal pembiayaan tersebut paling banyak diminati oleh masyarakat. Strategi pemasaran perlu dilakukan perusahaan untuk mencapai suatu tujuan dari perusahaan. Maka dari itu peneliti menganalisis strategi pemasaran menggunakan marketing mix 7P guna meningkatkaan loyalitas nasabah pembiayaan murabahah. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan strategi pemasaran menggunakan marketing mix 7P dalam meningkatkan loyalitas anggota pada pembiayaan murabahah BMT Al Madani dan BMT Sahara Tulungagung, (2) Bagaimana efektivitas penerapan strategi pemasaran menggunakan marketing mix7P dalam meningkatkan loyalitas anggota pada pembiayaan murabahah BMT Al Madani dan BMT Sahara Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran menggunakan marketing mix 7P dan efektivitas strategi pemasaran menggunakan marketing mix 7P pada BMT Al Madani dan BMT Sahara Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta juga menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan dari temuan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Strategi pemasaran yang dilakukan BMT Al Madani dan BMT Sahara Tulungagung dalam meningkatkan loyalitas anggota pembiayaan murabahah yakni strategi pemasaran 7P meliputi: Product, menawarkan produk sesuai kebutuhan masyarakat. Price, penentuan penetapan margin yang dilakukan diawal kesepakatan. Place, pemilihan lokasi yang strategis. Promotion, sosialisasi masyarakat, penyebaran brosur. People, melakukan pelatihan dan pembinaan karyawan, Physical Evidence, menonjolkan sisi syariah dengan mendesain ruangan. Process, prosedur yang mudah dan cepat. (2) Penerapan strategi pemasaran 7P pada BMT Al Madani dan BMT Sahara Tulungagung juga sudah berjalan secara efektif terbukti dengan anggotanya masih banyak yang loyal dan adanya penambahan jumlah anggota disetiap bulannya. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Murabahah, Meningkatkan Loyalitas
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Baitul Maal wat Tamwil Ekonomi > Pembiayaan Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 12401193033 Siti Qomariyah |
Date Deposited: | 29 May 2023 06:19 |
Last Modified: | 29 May 2023 06:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35805 |
Actions (login required)
View Item |