ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK

RIZQI GALUH AGUSTINASIH, 12204193223 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Rizqi Galuh Agustinasih, NIM. 12204193223 Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Memecahkan Masalah, Gaya Belajar Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajara matematika. Kemampuan berpikir kritis siswa yang baik akan membantu siswa untuk memecahkan masalah yang sering di jumpai pada soal-soal matematika. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa, salah satunya adalah gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah, (1)untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki gaya belajar visual dalam memecahkan masalah sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV), (2) untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki gaya belajar auditori dalam memecahkan masalah sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV), dan (3)untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek yang diikuti oleh kelas X-F yang berjumlah 35 siswa. Dari 35 siswa dipilih 6 siswa sebagai subjek yang dikategorikan berdasarkan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa , (1) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator dalam memecahkan masalah berdasarkan indikator Facione (IDEALS) (2) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar auditori mampu memenuhi 5 indikator dalam memecahkan masalah berdasarkan indikator Facione (IDEALS), dan (3) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi 3 indikator dalam memecahkan masalah berdasarkan indikator Facione (IDEALS).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: galuh rizqi
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:24
Last Modified: 21 Jun 2023 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35986

Actions (login required)

View Item View Item