TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PEMBAYARAN DOWN PAYMENT (DP) 0% SECARA KREDIT DALAM PENJUALAN VELG BAN MOBIL (Studi Kasus Toko Berkah Ban Mojoagung di Kabupaten Jombang)

WAFIQ ALLIKA HAYA, 12101193133 (2023) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PEMBAYARAN DOWN PAYMENT (DP) 0% SECARA KREDIT DALAM PENJUALAN VELG BAN MOBIL (Studi Kasus Toko Berkah Ban Mojoagung di Kabupaten Jombang). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

Wafiq Allika Haya, 12101193133, Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Pemasaran Pembayaran Down Payment (DP) 0% Secara Kredit Dalam Penjualan Velg Ban Mobil (Studi Kasus Toko Berkah Ban Mojoagung di Kabupaten Jombang), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak, S.A.g., M.H.I.Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Strategi Pemasaran, Down Payment (DP) 0%Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya strategi pemasaran pembayaran down payment (DP) 0% secara kredit dalam penjualan velg ban mobil di Toko Berkah Ban Mojoagung. Banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli velg ban mobil secara kredit dengan pembayaran down payment (DP) 0%. Karena mereka beranggapan bahwa dapat membeli velg ban mobil dengan dana seadanya. Kenyataannya Toko Berkah Ban Mojoagung Kabupaten Jombang tetap mengharuskan membayar uang muka (DP) jika melakukan transaksi secara kredit dengan promo pembayaran down payment (DP) 0% tersebut.Fokus penelitian tentang strategi pemasaran pembayaran down payment(DP) 0% secara kredit dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran pembayaran down payment (DP) 0% secara kredit dalam penjualan velg ban mobil di Toko Berkah Ban Mojoagung Kabupaten Jombang?, 2) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap strategi pemasaran pembayaran down payment(DP) 0% secara kredit dalam penjualan velg ban mobil di Toko Berkah Ban Mojoagung Kabupaten Jombang? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran pembayaran down payment(DP) 0% secara kredit dalam penjualan velg ban mobil di Toko Berkah Ban Mojoagung Kabupaten Jombang. 2) Untuk menganalisis tinjauan etika bisnisIslam terhadap strategi pemasaran pembayaran down payment (DP) 0% secara kredit dalam penjualan velg ban mobil di Toko Berkah Ban Mojoagung Kabupaten Jombang.Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis peneltian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara mendalam (indepth interview), dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusions drawing and verification).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran yang digunakan oleh Toko Berkah Ban Mojoagung terhadap pembayaran down payment(DP) 0% secara kredit dalam penjualan velg ban mobil adalah menggunakan variabel bauran pemasaran 7P (product, price, promotion, place, people, process, physical evidence). 2) Tinjauan etika bisnis Islam terhadap strategi pembayaran down payment (DP) 0% secara kredit dalam penjualan velg ban mobil di Toko Berkah Ban Mojoagung Kabupaten Jombang semua sudah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam kecuali pada bauran pemasaran harga (price), yang kurang sesuai dengan etika bisnis Islam pada prinsip keseimbangan (equilibrium). Karena pada prinsip keseimbangan (equilibrium) kurang adanya transparan dari pihak marketing mengenai biaya administrasi yang digabungkan kepada biaya bulanan dan hal tersebut tidak semua konsumen mengetahuinya. Selain itu, bauran pemasaran promosi (promotion) juga kurang sesuai dengan etika bisnis Islam pada prinsip kebenaran (benevolence), karena dari promosi yang terdapat pada brosur tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Kemudian bauran pemasaran pada bukti fisik (physical evidence) kurang sesuai dengan etika bisnis Islam pada prinsip kebenaran (benevolence). Karena saat melakukan promosi dengan menggunakan brosur sebagai bukti fisik tidak sesuai dengan kenyataan, tetap mengenakan biaya uang muka (DP) kepada konsumen meskipun ada promo pembayaran down payment (DP) 0%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193133 WAFIQ ALLIKA HAYA
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:12
Last Modified: 08 Jun 2023 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36040

Actions (login required)

View Item View Item